KONI Mimika Gelar Musorkab III 2019

Bagikan Bagikan
Musorkab III KONI Mimika tahun 2019. (Foto-Acik)

SAPA (TIMIKA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Mimika menggelar musyawarah olahraga kabupaten (Musorkab) III Tahun 2019 untuk memilih ketua umum KONI Mimika periode 2019-2023.

Selain untuk memilih ketua umum, kata Ketua Panitia pelaksana, Cesar Alfian Tunya, musorkab juga untuk menyusun program kerja dan anggaran kerja periode 2019-2023. Dimana pada periode itu, susunan kerja akan diwakili oleh masing-masing cabang olahraga (cabor) sebanyak 3 orang dari 33 cabor yang ada.

"Musrkoab ini kita laksanakan berkaitan dengan persiapan kita sebagai tuan rumah dalam penyelenggaran pekan olahraga nasional (PON) ke XX tahun 2020 mendatang. Jadi semua pengurus dituntut bertanggungjawab dalam melaksanakan tugasnya sesuai AD/RT KONI di tahun 2019 hingga 2023," jelasnya saat musorkab disalah satu hotel dan resto di Jalan   Cenderawasih, pada Kamis (4/4).

Menurutnya, sesuai AD/ART tugas pokok KONl adalah mengkoordinasikan dan membina setiap kegiatan olahraga agar bisa berprestasi di tingkat daerah, nasional dan regional. Dengan demikian diharapkan agar keputusan dalam musyawarah ini dilandasi dengan semangat persatuan dan kesatuan dalam meningkatkan prestasi KONI.

Semenetara Wakil Ketua Bidang Organisasi KONI Papua, George Weyasu, pada kesempatan yang sama menuturkan musorkab KONI Mimika tahun 2019 memiliki makna yang strategis, sebab tahun 2020 nanti Papua menjadi tuan rumah PON XX. Ketika perhelatan pesta olahraga nasional tersebut Mimika menjadi salah satu claster atau tuan rumah penyelenggaraan pertandingan untuk beberapa cabor yakni basket, golf, judo, tenis meja, panjat tebing, futsal, atletik serta sepak bola putra untuk babak penyisihan.

“Itu berarti KONI Mimika sangat berperan dalam membantu pemerintah baik pembinaan, pengembangan masing-masing cabor untuk menunjukkan prestasi daerah dalam PON nantinya,” tuturnya.

Karena itu, sejak tahun 2018 hingga kini 2019 KONI Papua telah melakukan tes fisik dan kesehatan kepada 1.036 atlet, serta memfasilitasi dan membiayai pelaksanaan pelatihan (TC) secara mandiri oleh masing-masing cabor. Selanjutnya menggelar kejuaraan daerah (Kejurda),  mengikuti kejuaraan nasional (Kejurnas) serta open turnamen berdasarkan kalender kegiatan setiap cabang olahraga.

“Menyambut PON, KONI Papua mulai fokus pada pelatihan atlet berbakat dengan mendatangkan pelatih-pelatih profesional. Kita terus fokus pada penguatan, karena sasaran KONI Papua adalah memperbaiki rangking nasional lima besar untuk Indonesia atau rangking pertama di luar pulau Jawa,” jelasnya.

Karena itu, ia berharap melalui musorkab ini KONI Mimika dapat memilih dan menetapkan ketua umum untuk masa bhakti 2018-2022, menetapkan program pembinaan prestasi jangka panjang empat tahun dan jangka pendek satu tahun.

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng dalam sambutannya yang dibacakan Asisten III Setda Mimika, I Nyoman Putu Arka mengatakan olahraga selalu mengalami perubahan yang penuh dengan dinamika dan tantangan yang tidak dapat diprediksi. Sehingga, diharapkan KONI Mimika harus melakukan perubahan secara menyeluruh termasuk perbaikan dalam organisasi. Selain itu juga bekerja secara profesional agar mampu menghadapi tantangan yang terjadi dan dapat mencapai tujuan dalam mewujudkan prestasi olahraga yang membanggakan.

Musorkab akan berhasil jika mampu menyusun program kerja secara tepat sasaran dan mampu di aplikasikan melalui kegiatan di lapangan, serta mampu memilih orang-orang yang siap meluangkan waktunya untuk kemajuan organisasi

 “Musorkab ini sebagai wadah dan upaya KONI untuk menata organisasi dan menjaga solidaritas, serta memantapkan keberlanjutan manajemen dan pembinaan olahraga di Mimika. Kita dipercayakan sebagai salah satu tuan rumah dan itu menjadi tantangan yang harus dikerjakan secara bersama dan solid," kata Bupati.

Karena itu, Bupati mengharapkan agar KONI Mimika harus dan bisa menyukseskan penyelenggaraan PON XX dan mengukir prestasi. Dimana hal tersebut bisa terwujud dengan kerjasama dan optimistis serta fokus.

Pantauan Salam Papua, kegiatan yang diselenggarkan sehari ini diikuti 108 peserta yang berasal dari 33 perwakilan cabor, yang mana dibuka oleh Asisten III Bidang Admintrasi Umum, I Nyoman Putu Arka didampingi Wakil Ketua Bidang Organisasi KONI Provinsi Papua, George Weyasu dan Ketua Panitia Cesar A. Tunya. Juga dihadiri oleh Badan Pengurus KONI Papua, George Kaiba, Dewan Kehormatan KONI Mimika, Pieter Yan Magal dan perwakilan Forkompinda Mimika. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment