KPPS Distrik Iwaka Diminta Netral

Bagikan Bagikan
Komisioner KPU Mimika Divisi Program dan Data, Luther Beanal. (Foto-Acik)

SAPA (TIMIKA) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika kembali menggelar sosialisasi dan bimbingan teknis (bimtek) kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Balai Kampung Limau Asri Timur, Distrik Iwaka pada Selasa (9/4).

Komisioner KPU Mimika Divisi Program dan Data, Luther Beanal dalam sambutannya mengatakan, bimtek tersebut dilakukan untuk mengurangi kesalahan, khususnya dalam tata cara pemberian hak suara dalam Pemilu 2019. Ia meminta, petugas KPPS untuk mengetahui hal itu untuk membantu masyarakat agar bisa menyampaikan aspirasinya dalam pemilihan.

“Seluruh petugas KPPS saya mengingatkan agar harus netral dan membantu setiap masyarakat yang mengalami kendala saat melakukan pemberian suara karena sebagian dari masyarakat kita ada yang tidak tahu baca tulis ataupun buta warna,” ujarnya.

Terkait hal tersebut, Wakapolsek Kuala Kencana, Ipda Joice Vera Ohee mengatakan bahwa pihak kepolisian bersifat netral dalam dalam pelaksanaan pemilu 17 April 2019.

“Kita dari wilayah Distrik Iwaka harus sepakat dalam pelaksanaan pemilu harus berjalan aman tanpa ada permasalahan yang tidak kita inginkan, karna keberhasilan pemilu berawal dari kita-kita yang berada diwilayah karna ditingkat Kabupaten hanya menerima hasil dari bawah termasuk kita di Distrik Iwaka,” ujarnya.

“Di Kabupaten Mimika tidak ada pemberian suara menggunakan sistem Noken sebab hal itu tidak boleh lagi dilakukan. Apalagi membawa kabur kotak suara beserta surat suaranya,” tambah Wakapolsek.
Sementara itu, Babinsa Kampung Limau Asri, Serma Tori Suandi berharap, agar tidak terjadi kesalahan dalam Pemilu mendatang.

“Kami dari pihak TNI hanya minta jangan sampai terjadi kesalahan dalam pelaksanaan pemilu nantinya, jangan sampai karna hal-hal sepele kita berurusan dengan pihak kepolisian apalagi sampai masuk sel,” ujarnya.

Ditambahkan, Sekretaris Distrik Iwaka, Kharisman Basham meminta agar semua petugas PPS dan KPPS harus berbuat maksimal dan terbaik.

“Jangan sampai ada permasalahan yang muncul dikemudian hari,” katanya. (Red)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment