KPU, Bawaslu dan SatPol PP Bongkar APK Caleg dan Parpol

Bagikan Bagikan
Ketua KPU Mimika Indra Ebang Ola.(Foto-Salma)

SAPA (TIMIKA) –  Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika, Idra Ebang Ola mengatakan KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan  Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (SatPol PP) akan membongkar seluruh alat peraga kampanye (APK) milik calon legislatif (Caleg) dan Partai Politik (Parpol).

“Kami sudah lakukan rapat koordinasi bersama seluruh pimpinan Parpol dan kami tegaskan agar seluruh APK itu segera diturunkan. Selambat-lambatnya mulai minggu malam kami akan mulai beroperasi,” ungkapnya saat ditemui di Tongkonan, Minggu (14/4).

Menurut dia, secara nasional ditentukan agar penertiban APK pemilu harus mulai dilakukan mulai tanggal 13 April. Namun SatPol PP memberikan kesempatan hingga minggu malam.

“Intinya kami yang akan bergerak untuk menertibkan APK itu karena tidak bisa diharapkan kepada para caleg ataupun parpol,” tuturnya.

Sedangkan Komisioner Divisi Pengawasan Bawaslu Mimika, Budiono Munche menjelaskan, meski secara nasional ditetapkan penertiban APK dimulai tanggal 13 April, akan tetapi khusus di Mimika diberikan kesempatan mengingat, setiap caleg dan parpol telah memberikan uang jaminan pembongkaran yang diserahkan ke Dinas Perijinan pada saat pendaftaran pemasangan APK.

“Kalau memang ada caleg dan parpol yang mengambil kembali uang jaminan pembongkaran, berarti mereka sendiri yang bongkar APKnya. Sedangkan yang tidak mengambil kembali, berarti penyelenggara pemilu yang akan membongkar bersama SatpolPP,” jelasnya saat dihubungi Salam Papua via telepon.

Pantauan Salam Papua,  hingga Minggu (14/4) petang, APK parpol dan  caleg seperti baliho, spanduk, poster dan bendera partai masih bertebaran di berbagai sudut Kota Timika dan sekitarnya.

Masih terdapat banyak APK parpol maupun caleg terpasang di sisi kiri dan kanan ruas Jalan Budi Utomo Timika, terutama di sekitar bundaran Tugu Perdamaian Timika Indah. Hal yang sama juga masih terlihat di Jalan Yos Soedarso, diantaranya di depan Pasar Lama dan juga di pertigaan Jalan Ahmad Yani – Jalan Bhayangkara. Di sejumlah median jalan seperti Jalan Cenderawasih dan Jalan Hasanuddin Timika, sejumlah bendera parpol masih tertancap dan berkibar.  (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment