KPU Mimika Tetapkan DPTb Pasca Putusan MK

Bagikan Bagikan
Ketua KPU Mimika, Indra Ebang Ola menyerahkan DPTb kepada Bawaslu Mimika dan perwakilan partai politik (Parpol).(Foto-Acik)

SAPA (TIMIKA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika telah menetapkan daftar pemilih tambahan (DPTb) atau DPTb-3 pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Komisioner Divisi Program dan Data KPU Mimika, Luter Beanal  menagatakan penetapan DPTb-3 dilaksanakan Jumat (12/4) dini hari di salah satu Hotel di Jalan Hasanuddin dan ditandai dengan penandatanganan sekaligus penyerahan berita acara nomor 18/PL.01.2-BA/9109/KPU-Kab/IV/2019 kepada Badan Pengaws Pemilu (Bawaslu) Mimika dan perwakilan partai politik (Parpol).

Dijelaskan, DPTb pasca Putusan MK dengan rincian sebagai berikut; Penetapan DPTb yang masuk dalam Pemilu tahun 2019 dan mengurus di daerah asal sebanyak 142 orang. Dimana pemilih dengan laki-laki berjumlah 89 orang dan pemilih perempuan 53 orang, tersebar di 71 TPS dan 26 Kampung/Kelurahan, dan pada lima distrik. 
Komisioner Divisi Program dan Data KPU Mimika, Luter Beanal . (Foto-Acik)
Pemilih masuk yang mengurus di daerah tujuan sebanyak 2.878 orang. Dengan rincian pemilih laki-laki 2.590 orang dan pemilih perempuan 288 orang.  Tersebar di 71 TPS, 23 Kampung/Kelurahan, dan 8 distrik.

Sedangkan penetapan DPTb yang keluar dan yang mengurus di daerah asal sebanyak 2 orang. Dimana pemilih laki-laki berjumlah 2 orang dan pemilih perempuan berjumlah 0.  Tersebar di 2 TPS, satu Kampung/Kelurahan, dan satu distrik.

Pemilih ke luar yang mengurus di daerah tujuan sebanyak 537 orang. Dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 297 orang dan pemilih perempuan 240 orang.  Tersebar di 252 TPS, 29 Kampung/Kelurahan, dan 10 Distrik.

"Putusan tersebut KPU RI memberikan kesempatan kepada pemilih atau masyarakat yang ingin pindah memilih mulai 4-10 April 2019. Pada 10 April 2019 sistim data pemilih (sidalih) sudah tutup," kata Luter Beanal.

 Menurut Luter, DPTb-3 tahun ini mengalami kenaikan pemilih karena kondisi perusahaan PTFI dan masyarakat  trans. (Acik) 
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment