KPU Papua Mulai Distribusikan Logistik Ke Wilayah Pegunungan

Bagikan Bagikan
Ketua KPU Papua Theodorus Kossay.(Foto-Dok-Sapa)

SAPA (JAYAPURA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua mulai mendistribusikan logistik pemilu ke wilayah pegunungan agar dapat tiba di lokasi tujuan tepat waktu, mengingat kondisi geografis pada daerah tersebut cukup menyulitkan petugas.

Ketua KPU Provinsi Papua Theodorus Kosay, di Jayapura, Selasa (9/4), mengatakan pendistribusian ke wilayah pegunungan akan berlangsung hingga pekan depan menggunakan beberapa alat transportasi seperti perahu motor, pesawat udara dan helikopter.

"Sedangkan kabupaten yang kondisi geografisnya tidak terlalu sulit akan mulai didistribusikan pada 10 April 2019," katanya.

Menurut Theodorus, hal ini dilakukan sesuai dengan kesepakatan dan jadwal yang sudah disepakati pada rapat sebelumnya bersama panwas, bawaslu, kabupaten dan pihak kepolisian di mana harus dilakukan pula pengawalan.

"Mekanisme pengiriman surat suara untuk daerah penggunungan, mulai dari KPU kabupaten ke TPS melalui distrik dan kampung, serta dibantu juga dari Tim Pemeriksa Daerah (TPD) pemilu," ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa pendistribusian yang mengunakan perahu motor, misalnya di wilayah Paniai karena melewati danau, sedangkan di wilayah Timika harus lewat laut, dan di Distrik Kimam, Merauke juga lewat laut, serta Yahukimo hampir 90 persen menggunakan pesawat udara.

"Untuk biaya sewa helikopter satu jamnya bisa mencapai Rp40 juta hingga Rp80 juta, akan tetapi kami sudah minta bantuan dengan kepala daerah dalam hal pembiayaannya," katanya lagi.

Dia menambahkan, terkait dengan pengungsi di Kabupaten Nduga, pihaknya sudah membentuk tim KPU untuk ditempatkan di beberapa titik yang dekat dengan daerah perbatasan wilayah tersebut, seperti Jayawijaya, Lanny Jaya dan Timika. (Antara)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment