Menantikan Bawaslu Ciptakan Pemilu Bersih dan Jurdil di Mimika

Bagikan Bagikan
Tajuk SAPA

BAHWA politik itu kotor dan karena itu sangat wajar bila masih ditemukan kecurangan-kecurangan dalam Pemilu sudah tidak pantas lagi dikenakan pada Pemilu tanggal 17 April 2019 hari ini. Karena bila pada Pemilu-Pemilu sebelumnya berbagai praktek kecurangan sering disebut sulit dibuktikan, maka pada Pemilu tahun ini, didukung dengan berbagai perangkat hand phone dan elektronik yang mumpuni, berbagai kecurangan tersebut sangat mudah direkam dan dijadikan alat bukti kuat untuk diproses secara hukum.

Permasalahannya apakah penyelenggara Pemilu, dalam hal pengawas Pemilu  atau Bawaslu mau menggunakan  peralatan teknologi yang sudah serba canggih ini untuk menghilangkan semua praktek kecurangan tersebut atau tidak? Kalau mau, tentu sangat mudah dilakukan dan hasilnya tentu membuat Pemilu kali ini di Mimika sebagai yang terbersih, terjujur dan teradil. Sebaliknya kalau masih mempraktekan pola lama, pola tempoe doeloe, pola kuno, maka hasil Pemilu tahun ini masih sama, senasib dan sependeritaan, seburuk dengan Pemilu-Pemilu sebelumnya.

Sebetulnya tidaklah sulit untuk mendeteksi, bahkan menindak praktek-praktek kecurangan yang selama ini terjadi, karena berbagai bentuk kecurangan tersebut, seperti memobilasi orang per orang atau massa, semua sudah ketahui bagaimana bentuknya dan juga mudah dilacak tempat untuk mobilasi massa tersebut.

Umumnya massa yang dimobilasasi bergerak berkelompok menggunakan mobil pribadi, mobil sewaan baik plat hitam atau plat kuning.  Atau menggunakan motor secara berkelompok. Di dalam mobil atau di bawah jok motor sudah disiapkan pemutih pakaian yang digunakan untuk membersihkan tinta di jari setelah mencoblos. Karena itu, bila ada mobil atau kelompok motor yang dicurigai penumpangnya mencoblos di beberapa TPS, maka bisa diamankan dan diperiksa barang bawaannya.

Sangatlah mudah untuk melacak lokasi atau tempat yang melakukan mobilisasi massa, karena akan terlihat dalam durasi waktu tertentu banyak orang yang berkumpul di tempat tersebut dan setelah membersihkan tinta di jarinya, lalu mengambil surat undangan dan pergi mencoblos ke TPS yang lain. Jadi kalau ada petugas Bawaslu yang mengawasi sampai ke lorong-lorong jalan di semua kelurahan di Kota Timika dan sekitarnya, sudah pasti akan menangkap basah praktek kecurangan yang sudah sekian Pemilu lolos dari penindakan.

Cara lain untuk bisa membuktikan adanya kecurangan adalah membolehkan petugas KPPS dan saksi parpol atau caleg mengambil foto dan merekam video warga yang datang ke TPS untuk melakukan pencoblosan. Syarakat utamanya tidak boleh hal ini dilakukan didalam bilik suara. Karena melanggar undang-undang dan hak pribadi dari warga tersebut.

Menggunakan berbagai alat teknologi canggih saat perhitungan suara juga dapat mencegah terjadinya manipulasi hasil suara saat perhitungan di TPS dan saat hasil suara di hitung di tingkat distrik dan KPU. Kalau perhitungan di TPS dilakukan menggunakan pengeras suara dan in focus, sehingga bisa disaksikan juga oleh warga, maka ini awal mula yang baik, terciptanya Pemilu yang bersih da jurdil. Sangat baik bila semua saksi dibolehkan memotret dan merekam video hasil perhitungan suara di TPS, sebagai bukti, bila selanjutnya terjadi perubahan maka hasil suara pada foto dan video tersebut yang digunakan dan dianggap sah. Begitu juga saat perhitungan hasil suara di tingkat distrik. Harus difoto dan direkam vidionya oleh saksi parpol atau caleg.

Semua yang didokumentasikan ini dikirim saksi ke parpol dan caleg, sehingga dalam waktu beberapa jam sudah bisa diketahui berapa jumlah suara yang diperoleh parpol atau caleg dari semua TPS yang ada di Distrik Mimika Baru dan sitrik lain yang sudah ada jaringan internetnya. Semua ini menjadi alat bukti bagi parpol, caleg, KPU dan Bawaslu yang susah untuk dimanipulasi. Juga  untuk  menolak upaya oknum pengurus parpol atau oknum caleg yang ingin mencoba meminta suaranya didongkrat.

Apakah Bawaslu Mimika dan perangkat pendukungnya akan memaksimalkan peralatan canggih, minimal handphone untuk menciptakan Pemilu di Mimika yang bersih dan jurdil? Apakah ada yang diitangkap karena terbukti melakukan kecurangan? Mari kita lihat hari ini. (Yulius Lopo)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment