Nelibertha : Lembaga Harus Beri Ruang Untuk Perempuan

Bagikan Bagikan

Neliberta Maurumako.(Foto-Maria Welerubun)
SAPA (TIMIKA) - Perwakilan perempuan Kamoro Neliberta Maurumako meminta kepada Ketua dan pengurus Lemasko yang baru, kedepan bisa mengambil keterwakilan perempuan untuk duduk dalam pengurus Lembaga. Sehingga perempuan tidak saja duduk sebagai Sekretaris dan Bendahara, tetapi mendapat satu tempat atau pokja khusus perempuan yang tentu akan memperjuangkan hak perempuan dan anak.

“Pertama sayang mengucapkan selamat kepada bapak Robert Waropea yang kembali terpilih menjadi ketua Lemasko untuk lima tahun kedepan. Karena itu kedepan bisa memberikan ruang atau tempat bagi kami kaum perempuan, agar dalam satu lembaga tidak saja dikuasai oleh laki-laki tetapi melihat kemampuan perempuan dan anak,”kata Nely kepada Salam Papua di Gedung MPCC, Rabu (10/4).

Selama ini tidak ada keterwakilan perempuan didalam lembaga. Karena itu kedepan sangat diharapkan Ketua dan Pengurus Lembaga yang baru bisa memberikan kesempatan kepada perempuan untuk menunjukan kemampuan dalam bekerja.

“Kami tidak minta jabatan besar, kami hanya minta ada keterwakilan saja untuk masuk dalam DPA, dan Koodinator wilayah ditiap distrik untuk bisa mengurus dan membantu perempuan dan anak yang mengalami ketidakadilan dalam keluarga. Kami tidak mau ketinggalan dengan perempuan-perempuan di luar sana, karena itu beri kami pokja khusus perempuan. Saya himbau ketua terpilih perhatikan masalah yang melibatkan perempuan dan anak. Sejauh ini perempuan tidak dilibatkan,”tambahnya.

Ada banyak perempuan yang belum merasakan kebebasan, karena dalam adat memang dilarang seorang perempuan bicara soal adat. Tetapi sekarang jaman sudah berubah dan modern dimana perempuan harus lebih banyak tampil dan berani menyuarakan hak-hak perempuan dan anak, agar tidak ada lagi perempuan yang tersakiti. (Maria Welerubun) 
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment