Ternak Babi Binmas Noken Polri di Mimika Jadi Contoh untuk Kabupaten Jayawijaya

Bagikan Bagikan
Wakil Bupati Jayawijaya, Marthin Yogobi melihat kandang ternak babi Binmas Noken Polri di Timika. (Foto-Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) - Ternak Babi binaan Binmas Noken Polri yang ada di Kabupaten Mimika akan menjadi contoh bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayawijaya untuk diterapkan ke masyarakat di kabupaten itu.

Untuk mengetahui secara langsung bagaimana cara dan seperti apa kandang ternak babi binaan Binmas Noken Polri, Wakil Bupati Jayawijaya, Marthin Yogobi yang didampingi Waka Ops Nemangkawi Papua II, Kombes Pol Mathius Fakhiri secara langsung ke Timika untuk melihat cara beternak babi binaan Binmas Noken Polri. Nantinya cara itu selanjutnya akan diajarkan agar dapat diterapkan oleh masyarakat Jayawijaya dalam beternak babi.

“Saya sengaja datang kesini untuk melihat secara langsung bagaimana kandang dan ternak yang ada, untuk nanti kami bisa kembangkan kepada masyarakat yang ada di Jayawijaya,” kata Wakil Bupati Jayawijaya, Marthin Yogobi saat ditemui dilokasi ternak babi binaan Binmas Noken Polri, area depan Pertrosea tembusan Irigasi Jalan Hasanuddin Timika, Senin (22/4). 
Wakil Bupati Jayawijaya, Marthin Yogobi foto bersama usai kunjungan di kandang ternak babi binaan Binmas Noken Polri di Timika. (Foto-Jefri Manehat)
“Ini akan menjadi contoh bagi kami dan masyarakat di Jayawijaya, yang nantinya akan kami terapkan  kepada masyarakat, sehingga masyarakat tidak hanya beternak dengan begitu saja, namun masyarakat yang ada bisa beternak dengan cara yang baru,” tambahnya.

Kata Marthin, di Jayawijaya cukup banyak masyarakat yang beternak babi, bahkan pemerintah setempat selalu siap untuk mendukung masyarakat dalam melakukan usaha khususnya beternak babi. Oleh karena itu, menurut dia, yang akan dikembangkan adalah kandang. Di mana, kandang akan dibuat lebih bagus agar hewan ternak babi  bisa lebih sehat. Sebab selama ini masyarakat beternak babi hanya dengan kandang yang dibangun secara tradisional. Oleh karena itu, Pemkab Jawawijaya berharap contoh kandang yang diperoleh dari melihat langsung ternak babi binaan Binmas Noken Polri di Timika dapat menjadi contoh yang baik untuk diterapkan oleh masyarakat Jawawijaya.  

“Selain ternak babi ini, kami juga akan budidaya ikan dan juga budidaya udang selingkuh. Yang mana udang selingkuh yang menjadi udang asli pada pegunungan, yang mana hampir tidak ada (punah) dan sementara ini untuk bidang pertanian juga sedang kami bangun dan sementara berjalan,” ujarnya. (Jefri Manehat)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment