Tiga Caleg Paparkan Visi dan Misi Melalui Siaran Langsung di Facebook

Bagikan Bagikan
Tiga caleg saat memaparkan profil, visi dan misi kepada masyarakat Mimika melalui siaran langsung.(Foto-Acik)

SAPA (TIMIKA) – Jelang Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tanggal 17 April,  dua calon legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika yakni Kritian Victor Kabei  dan Leonardus Kocu  serta satu caleg DPR Provinsi Papua, Geroge Deda memaparkan visi dan misi serta memperkenalkan diri kepada seluruh masyarakat Kabupaten Mimika melalui siaran langsung (Leive stream)  di Facebook Salam Papua.

Siaran langsung yang digelar di lantai dua  Waanal Coffee dan Resto, SP3 ini dihadiri puluhan massa masing-masing pendukung caleg. Siaran langsung yang dipandu Pimpinan Umum (PU) dan Pemimpin Redaksi Surat Kabar Harian (SKH) Salam Papua, Yulius Lopo ini berlangsung selama lima sesi berdasarkan waktu yang telah ditentu.

Pada pembukaan acara  Yulius Lopo menuturkan bahwa siaran langsung ini digelar dengan tujuan memberikan kesempatan kepada setiap caleg yang akan bertarung pada pesta demikrasi periode 2019-2024 untuk memperkenalkan visi dan misi pribadi ataupun Partai sehingga bisa lebih dikenal masyarakat dalam Pemilu tanggal 17 April mendatang. Sebab, pada perinsipnya ‘Mengenal Para Caleg DPRD, DPRP dan DPR RI Dari Sepanduk Saja Tidaklah Cukup’.

Berdasarkan ketentuan siaran langsung, pemaparan profil, visi dan misi para caleg dalam acara siaran langsung ini harus disesuaikan dengan Undang-Undang tentang Pemilu. Tidak memilik unsur SARA (suku, agama, ras dan antargolongan). Setiap caleg diberikan kesempatan berbicara sesuai waktu dan tidak diperkenankan memotong pembicaraan lawan bicara. Tidak diperkenankan memberikan pertanyaan yang menjerat atau menjatuhkan antar sesama caleg.

Aturan  yang sama juga diberlakukan kepada massa pendukung yang hadir memberikan dukungan agar tidak menyampaikan yel-yel yang membuat provokasi terhadap pendukung masing-masing caleg. Para netizen yang menyaksikan siaran langsung dan mengirimkan pertanyaan juga diharapkan mentaati undang-undang ITE.

Sesi satu, Caleg DPR Provinsi Papua dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), George Deda, SE. Ia mengaku bahwa saat ini masih menjabat sebagai anggota DPRD Mimika dan saat ini maju sebagai caleg DPRP dengan visi ‘Berbicara Fakta dan Berbuat Nyata’. Misinya adalah ‘Pace Deda Siap Kawal Aspirasi Rakyat Papua Khususnya Mimika’.

“Visi dan Misi saya hanya itu karena saya tidak ingin memiliki visi dan misi yang terlalu muluk-muluk dan menjanjikan, tetapi cukup Bicara Fakta dan Berbuat Nyata’,” ungkap Caleg nomor urut 2, dapil 3 yang meliputi Mimika, Nabire, Dogiyai, Deiyai  dan Intan Jaya ini.

Caleg DPRD dari Partai Perindo (nomor 9) Daerah Pemilihan (Dapil) 3 nomor urut 5 , Leonardus Kocu mengaku bahwa visi dan misi Partai Perindo adalah Indonesia Maju dan Indonesia Sejahtera. Sedangkan visi dan misi pribadinya adalah representatif dari masyarakat dari dapil 3 untuk menyuarakan aspirasi di DPRD yang bekerja sama dengan Pemerintah dalam memperbaiki segala hal yang perlu diperbaiki dalam menunjang kesejahteraan masyarakat Mimika.

Ia meyakini bahwa seluruh generasi muda menginginkan kemajuan dan perubahan yang lebih baik. Untuk itu, sangat dibutuhkan pemimpin yang benar-benar mendengarkan aspirasi masyarakat.

“Indonesia Maju dan sejahtera ini tentunya butuh pemimpin yang cerdas dan hebat. Itulah Perindo dengan berbagai bukti yang selama ini dilakukan dalam mendekatkan masyarakat-masyarakat kecil dengan program-program yang nyata,” ungkap mantan Karyawan PT Freeport Indonesia ini.

Sedangkan Caleg dari Partai Bulan Bintang (PBB) dapil 1 dengan nomor urut 4, Kristian Victor Kabei menuturkan bahwa saat ini masih berstatus sebagai anggota DPRD Mimika. Namun, periode 2019-2024 kembali maju sebagai caleg dengan visi dan misi PBB adalah mewujudkan suatu prospek penegakan hukum yang bekeadilan.

Sedangkan visi dan misi pribadinya ialah ‘Selalu Beri Solusi’ yang  berarti, selaku anggota dewan selalu ada di setiap masyarakat menyampaikan aspirasi atau keluhannya. Contoh, ketika masyarakat menyampaikan aspirasi secara perorangan atau demonstrasi, seorang anggota dewan harus selalu siap memberikan solusi terbaik dan keadilan kepada masyarakatnya.

“PBB ini merupakan Partai lama yang terus berjuang mendapatkan keadilan di berbagai bidang seperti ekonomi, hukum dan bidang lainnya karena visi dan misinya adalah penegakan hukum yang bekeadilan khususnya bagi masyarakat miskin se Indonesia. Sayapun akan terus perjuangkan visi dan misi PBB,” ungkap Victor.

Sesi dua, para caleg menjawab pertanyaan yang diberikan oleh para panelis diantaranya pertanyaan dari mantan pejabat sekaligus politikus Mimka, Atanasius Allo Rafra. Direktur Waanal Coffee dan PT Amiate Papua Grup (APG), Randi Manurung serta Jatnika dari Nelscorner, sponsor acara siaran langsung ini.

Sesi tiga, tiga caleg saling mengajukan pertanyaan dan memberikan tanggapan terhadap jawaban dari Caleg yang ditanya. Sesi empat, para caleg menjawab pertanyaan dari netizen.

Acara siaran langsung ditutup pada sesi lima, di mana para caleg menyampaikan pernyataan penutup serta ajakan kepada masyarakat untuk menyalurkan hak suara dalam memilih wakil rakyat di dapil masing-masing tanggal 17 April mendatang.  

Tiga caleg ini mengajak masyarakat bisa menyalurkan hak suara selaku warga Negara Indonesia yang baik sesuai hati nurani dan memilih sosok wakil rakyat yang memilik kemampuan dan kapasitas, bertanggung jawab dan dekat kepada masyarakat.. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment