Umat Katolik Jawa Gelar Misa Inkulturasi

Bagikan Bagikan
Umat dari suku Jawa  saat mengadakan ibadah Inkulturasi.(Foto-Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) – Umat Katolik asal suku Jawa di lingkup Gereja St. Petrus SP1, Minggu (7/4) menggelar Misa Inkulturasi untuk membantu pembangunan Gedung Gereja yang baru.

Misa  yang dikemas dengan nuansa adat ini, dipimpin langsung oleh Pastor Andreas Madio,SCY asal suku Jawa. Semua proses ibadah bernuansa adat istiadat suku Jawa, baik itu lagu pujian, dan tarian.

Pastor Andreas menyampaikan, Gereja diibaratkan sebagai tubuh manusia dimana  salah  satu mengalami luka maka semua  akan  merasakan sakit juga. Sebagai manusia harus  saling melengkapi bahu membahu dan saling menopang.  

"Sama hal juga dalam membangun Gereja tentunya semua umat harus bahu- membahu dan bersama untuk membangun  Gereja kita ini. Ibadah bernuansa jawa tersebut dapat  menambah semangat umat katolik untuk dapat bersinergi dalam membangun gereja,”Kata Pastor Andreas.

Ketua Koordinator,  Yohanes Pramana menuturkan Gereja yang dibangun adalah milik bersama bukan salah satu suku. Karena Gereja menjadi tempat ibadah semua umat yang memuliakan Tuhan.

Selain misa bersama, dilanjutkan dengan mencari sumbangan dari umat yang hadir dalam misa inkulturasi suku Jawa. Sementara suku Jawa sendiri menyumbangkan uang kepada Gereja sebesar Rp26 juta rupiah. Kiranya sumbangan ini bisa dipakai untuk kebutuhan pembangunan Gereja.

Misa Inkulturasi di Gereja sudah dimulai dari beberapa suku seperti NTT, Kamoro, Merauke, Maluku Tenggara, Dobo dan Tanimbar.  (Jefri Manehat)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment