UNBK SMA di Kabupaten Mimika Sempat Diwarnai Pemadaman Listrik

Bagikan Bagikan
Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Negeri 1 Mimika.(Foto-Evarianus Supar-Antara)

SAPA (TIMIKA) - Penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer pada dua sekolah di Mimika yaitu SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 4 Mimika pada hari ketiga, Kamis, sempat diwarnai pemadaman listrik, meskipun hanya beberapa saat.

Koordinator teknis UNBK Kabupaten Mimika Abraham Letsoin di Timika, Kamis mengatakan meskipun terjadi pemadaman listrik hanya beberapa saat di dua sekolah itu, namun secara umum pelaksanaan UNBK di Mimika berjalan lancar.

"Memang sempat terjadi pemadaman listrik di jalur Timika-SP5 dimana terdapat dua sekolah yang menyelenggarakan UNBK di kawasan itu yaitu SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 4 Mimika. Namun kondisi itu tidak berlangsung lama, hanya beberapa menit," jelasnya.

Menurut dia, kedua sekolah itu sudah mengantisipasi pemadaman listrik dengan menyiapkan generator listrik cadangan. Sebelumnya PT PLN (Persero) Area Timika sudah mengingatkan sekolah-sekolah penyelenggara UNBK agar menyiapkan listrik cadangan mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik.

Berbeda dengan SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 4 yang mengalami pemadaman listrik, di SMA Negeri 1 Mimika pelaksanaan UNBK berjalan lancar tanpa gangguan apapun sejak hari pertama, Senin (1/4) hingga hari ketiga, Kamis.

"Tidak ada kendala teknis, semua aman-aman saja baik listrik maupun jaringan internet," kata Kepsek SMA Negeri 1 Mimika Soro' Bato Sau.

Ia berharap kondisi seperti itu berlangsung hingga hari terakhir pelaksanaan UNBK jenjang SMA pada Senin (8/4).

Saat pelaksanaan UNBK hari pertama, SMA Negeri 1 Mimika mendapat supervisi oleh staf Direktorat Jenderal Pendidikan SMA Kemendikbud.

Pihak sekolah meminta perhatian dan dukungan Kemendikbud agar menambah fasilitas komputer di SMA Negeri 1 Mimika mengingat jumlah komputer yang tersedia saat ini tidak sebanding dengan jumlah peserta UNBK.

Di sekolah tersebut, fasilitas komputer yang tersedia hanya 125 unit, sementara peserta UNBK sebanyak 375 siswa sehingga pelaksanaan UNBK dibagi dalam tiga sesi.

"Sudah tentu kami menyampaikan hal itu, mudah-mudahan ada tambahan perangkat komputer di SMA Negeri 1 Mimika. Apalagi untuk tahun 2020, jumlah peserta UNBK pasti meningkat lebih dari 400 siswa," katanya.

Jumlah sekolah penyelenggara UNBK di Mimika tahun ini sebanyak 57 sekolah dengan jumlah peserta sebanyak 5.056 siswa. Untuk jenjang SMK, terdapat 20 sekolah menyelenggarakan UNBK dari 24 sekolah, jenjang SMA sebanyak 12sekolah menyelenggarakan UNBK dari 19 sekolah dan jenjang SMP sebanyak 25 sekolah menyelenggarakan UNBK.

Sekolah penyelenggara UNBK untuk jenjang SMA di Mimika yaitu SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 4, SMA Negeri 5, SMA Negeri 6, SMA Advent, SMA YPPK Tiga Raja, SMAK Santa Maria, SMA Integral Hidayatullah, SMAK Santo Ignatius, SMA Kristen Shining Star dan SMA Taruna Dharma. (Antara)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment