Warga Biak Ungkap Capaian Program Nawacita Di Papua

Bagikan Bagikan
Pembangunan 10 unit rumah sehat di Distrik Biak Timur implementasi program Nawacita.(Foto-Antara)

SAPA (BIAK) - Sejumlah warga di Kabupaten Biak Numfor, Papua,  mengatakan keberhasilan capaian kemajuan pembangunan program nawacita Presiden Joko Widodo dengan membangun dari pinggiran desa sudah dapat dirasakan warga asli Papua, salah satunya pembangunan jalan lintas pegunungan tengah Papua.

"Untuk hasil pembangunan Papua lain yang juga sudah dapat dilihat keberhasilan sekarang adalah pembangunan jembatan 'merah putih' Holtekam di Kota Jayapura," kata Leonardo Randokir, salah satu warga setempat di Biak, Minggu (7/4).

Ia mengakui berbagai kemajuan pembangunan di tanah Papua yang saat ini dapat dilihat dengan nyata oleh masyarakat Papua adalah selesainya stadion bangkit mandiri untuk perhelatan pembukaan PON XX Papua 2020.

"Stadion bangkit mandiri untuk kegiatan olahraga PON XX Papua 2020 merupakan fasilitas olahraga yang sangat termegah yang saya lihat di Indonesia," ungkap warga asli Papua itu.

Warga Biak lain Oktovianus Mangge mengakui kemajuan pembangunan yang paling nyata dirasakan masyarakat asli Papua adanya program pembangunan rumah sehat diberikan pemerintah kepada warga di berbagai kampung/desa.

Pembuatan rumah sehat dilakukan pemerintah untuk warga asli Papua, menurut Oktivianus, melalui kebijakan Dinas Perumahan hingga program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

"Dengan adanya program pemerintah tentang rumah sehat maka warga asli Papua bisa memperoleh bantuan rumah sehat untuk tempat tinggal bersama keluarga," ujarnya.

Sedangkan kemajuan lain yang juga sangat dirasakan warga Papua yakni kebebasan dalam menyampaikan pendapat dimuka umum yang sangat dialami warga Papua dalam menyikapi berbagai masalah pembangunan.

"Warga Papua makin cerdas karena ketika melihat sesuatu masalah yang muncul akan melakukan aksi damai menyikapi masalah, ya ini bentuk nyata kemajuan hasil pembangunan di wilayah Timur Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Ia berharap dengan kemajuan program pembangunan yang telah dirasakan warga Papua diharapkan akan memberikan dampak bagi peningkatan ekonomi warga.

Berdasarkan data Kementerian PUPR perumahan rakyat pada 2019 mengalokasikan anggaran Rp4 miliar melalui DAK untuk pembangunan rumah sehat, dan Pemkab Biak Numfor mengalokasikan dana Rp1,5 miliar untuk pembangunan rumah sehat lewat program TMMD di Kampung Makmakerbo distrik Oridek. (Antara)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment