You Tegaskan Dirinya Tetap Jalankan Tugas Sekda Mimika Sesuai Surat Gubernur Papua

Bagikan Bagikan
Ausilius You, S.Pd, MM, MH.(Foto-Dok-SAPA)

SAPA (TIMIKA) - Ausilius You menegaskan dirinya tetap menjalankan tugas sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mimika sesuai Surat dari Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe tanggal 28 Maret 2019.

"Saya tetap menjalankan tugas sebagai Sekda Mimika sesuai  dengan surat Gubernur Papua nomor 821- 2/363/ SET tentang pengembalian Ausilius You ke jabatan semula sebagai Sekda Kabupaten Mimika," tegas You saat  ditemui di ruang kerjanya  di Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem)  Kabupaten Mimika, Jalan Poros Kuala Kencana, Jumat (5/4).

You menjelaskan, dalam surat Gubernur Papua sudah  jelas menyebutkan, Memperhatikan Surat Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor 477/KASN/2/2019 Tanggal 8 Februari 2019 perihal Penjelasan atas surat AUSILIUS YOu, S.Pd.MM yang ditujukan kepada Gubernur Papua dan tembusannya disampaikan kepada Saudara, dalam rangka pembinaan terhadap Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota oleh Gubernur Papua selaku Wakil Pemerintah Pusat di Daerah, dengan ini disampaikan hal-hal sebagai brikut:

1.   Dalam rangka menjamin tertib Administrasi Kepegawaian agar Saudara segera meninjau dan mengkaji ulang terhadap Keputusan Bupati Mimika Nomor SK.821.2-05 tentang Pemberhentian Sdr. AUSILIUS YOU, S.Pd, MM dari Jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika.

2.   Agar melaksanakan Rekomendasi Ketua KASN No. 477/KASN/2/2019 tanggal 8 Februari 2019 untuk mengembalikan Sdr. AUSILIUS YOU, S.Pd MM kejabatan semula sebagai Sekretaris Daerah Mimika dan memberikan hak-hak Kepegawaian sesuai ketentuan yang beriaku.

3.   Membuat Kontrak/Perjanjian Kinerja antara Sekretaris Daerah Mimika dan Bupati Mimika sebagai kesepakatan pencapaian Kinerja yang akan di capai sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
4.   Pengisian JPT yang lowong melalui mutasi dari satu JPT ke JPT yang lain dapat dilakukan melalui uji kompetensi dari pejabat yang ada dan berkoordinasi dengan KASN sesuai ketentuan pasal 121 Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil. 

You mengaku ia tetap  melakukan tugasnya sebagai Sekda Mimika karena  ia memandang Gubernur adalah  wakil Pemerintah Pusat di Daerah. 

"Saya  akan menjunjung tinggi  surat  dari Bapak Gubernur  yang mana menegaskan surat tanggapan balik dari Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara yang mana ditegaskan kembali oleh Gubernur Papua," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, Bupati Mimika Eltinus Omaleng, SE, MH mengatakan tidak akan melaksanakan isi surat Gubernur Papua, Lukas Enembe yang meminta dirinya mengembalikan Ausilius You sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika.

“Pada prinsipnya saya sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian sesuai kewenangan tetap melakukan pergantian terhadap Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika. Bapak Gubernur  Papua sampaikan bahwa penentuan  status jabatan Sekda menjadi kewenangan mutlak Bupati Mimika. Karena itu saya tegaskan bahwa untuk Penjabat Sekda Mimika tetap dijabat oleh Sdr. Marthen Paiding sampai terpilihnya Sekda definitive,” kata Bupati Omaleng, Kamis (4/4).

 Menurut Omaleng, pergantian Sekda Mimika dalam hal ini  Ausilius You, sudah sesuai mekanisme yang berlaku. 

"Dalam pelaksanaan  pergantian Sekretaris Daerah, saya sebagai Bupati  Mimika selaku Pejabat Pembina Kepegawaian telah berkoordinasi dan mendapat persetujuan  dari Menteri Dalam Negeri RI melalui Surat Menteri Dalam Negeri Nomor: 821/8291/SJ, tanggal 11 Oktober 2018 tentang Persetujuan Mutasi dan Pengisian Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mimika. Kemudian persetujuan Gubernur Provinsi Papua dengan Surat Gubernur Nomor: 821.2/12687/Set tanggal 01 November 2018 tentang Persetujuan Mutasi dan Pengisian Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mimika,” kata Bupati Omaleng. (Jefri Manehat)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment