32 Penumpang Longboat Yang Hilang Kontak Ditemukan Selamat

Bagikan Bagikan
Proses evakuasi 32 penumpang longboat 40 pk.(Foto-Salma)

SAPA (TIMIKA) - Perahu jenis longboat 40 PKyang hilang kontak sejak Kamis (9/5) dengan penumpang 32 orang tujuan Agats, Kabupaten Asmat, ditemukan terdampar di Perairan Dobo, Kepulauan Aru, Maluku oleh Kapal Karya Bahari Nusantara II pada Senin (13/5) dan berhasil dievakuasi ke Timika pada Selasa (14/5) pagi tadi.

Dari pantauan Salam Papua, tim SAR gabungan yang dipimpin Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, Monce Brury didampingi Kasubdit Ops Basarnas Agus H,  Danlanal Timika Letkol Laut (P) Yadi Mulyadi melaksanakan proses Evakuasi lanjutan hari ke-5 Kapal Long Boat 40 PK menggunakan Kapal KN 418 di Dermaga Basarnas menuju perairan Timika di Kapal RB 217.

Setibanya di kapal tersebut, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, Monce Brury didampingi Kasubdit Ops Basarnas Agus H,  Danlanal Timika Letkol Laut (P) Yadi Mulyadi melihat dan mengidentifikasi langsung seluruh korban.

Terlihat  pada perahu longboat tersebut sudah tidak terpasang mesin 40 PK dan ditarik menggunakan tali oleh Kapal RB 217.

Salah satu korban Kosmas Hesine (22) mengatakan bahwa sejak Rabu (8/5) pihaknya meninggalkan Distrik Pantai Kasuari Kabupaten Asmat dengan stok bahan bakar minyak (BBM) sebanyak 90 liter. Namun saat memasuki Distrik Fayi, longboat kehabisan bahan bakar sehingga mampir mengisi BBM dan membawa 30 liter BBM.

“Waktu ke luar dari Fayi, longboat kehabisan BBM sehingga terbawa arus laut. Karena beban muatan terlalu berat, mesinnya kita buang, termasuk pakaian dan sebagian barang bawaan,” katanya disela-sela identifikasi korban di atas Kapal RB 217. 
Para korban menjalani perawatan medis di RSUD Mimika.(Foto-Salma)
“Kita bikin api kecil di speedfiber dan makan sagu. Saat ada perahu ikan lewat, kita memberi kode dengan pakaian. Dan teman lainnya berenang memakai jerigen. Sehingga mereka datang memuat kita naik ke kapal. Salah satu dari mereka bilang bahwa kita sekarang dari Dobo. Kemarin siang sampai tadi pagi kita di Muara Timika,” ujar Kosmas.

Sementara itu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, Monce Brury mengatakan, pihaknya dapat menghubungi salah satu korban pada pukul 06.30 WIT  dan diketahui seluruh korban sudah berada di kapal nelayan KM. Bahari Nusantara II.

“Karena kapal ini kesulitan masuk ke pintu Timika, kami berkomunikasi dengan kapten kapal dimana dia tidak menguasai alur masuk ke Muara Pomako sehingga kami mengambil keputusan untuk menjemput korban. Total keseluruhan penumpang berjumlah 32 orang. Dengan ditemukannya korban dalam keadaan selamat  maka operasi ini kami nyatakan ditutup dan akan melaporkan secara resmi kepada Kepala Basarnas Pusat,” ujarnya saat ditemui wartawan di Pelabuhan Poumako, Selasa (14/5).

Sementara itu, Danlanal Timika Letkol Laut (P) Yadi Mulyadi mengatakan, pihak TNI sepenuhnya akan membantu Basarnas dalam melaksanakan setiap kegiatan evakuasi seperti evakuasi 32 penumpang longboat ini sesuai dengan kemampuan.

Sebanyak 32 penumpang longboat 40 PK tersebut kemudian menjalani perawatan medis di RSUD Mimika. Dimana, terdapat satu orang ibu hamil, empat balita dan orang dewasa dalam kondisi lemas karena selama kurang lebih lima hari terombang-ambing di laut.

Untuk sementara seluruh korban di tampung di Kantor Basarnas sambil menunggu hasil koordinasi dengan pemerintahan Kabupaten Asmat.

Berikut identitas penumpang dan pengemudi dalam longboat nahas tersebut yang diperoleh dari Tim SAR dilapangan:

1) Lurce Miyarum / 40 TH, 2) Kuturina Buhakap / 13 TH, 3) Noribertus Demian / 6 TH,  4) Oidimus Korir / 19 TH, 5) Berhat Korir / 19 TH, 6) Kosmas Hesine / 22 TH, 7) Ayup Yemon / 19 TH, 8) Afen Sogoron / 19 TH, 9) Marten Yerman / 23 TH, 10) Albrtus Demian / 30 TH, 11) Egi Skime / 18 TH, 12) Bertus Sogoron / 30 TH, 13) Abraham Sogoron / 25 TH, 14) Soleman Sopah / 46 TH, 15) Flens Baniakiao / 43 TH, 16) Robek Amoye / 40 TH.
Selain itu, 17) Susi Bahakup / 13 TH, 18) Samuel Bahakup / 15 TH, 19) Tina Pagowi / 24 TH, 20) Ombetia Bahakup / 5 TH, 21) Lusarus Bahakup / 3 TH, 22) Marlince Bahakup / 1 TH 7 Bln, 23) Risyar Amoye / 14 TH, 24) Junus Biahakup / 19 TH, 25) Kalvin Kuwen / 16 TH, 26) Pomicus Kuwen / 11 TH, 27) Krismiat Bokawi  / 19 TH, 28) Oskar Jemian / 18 TH, 29) Marcel Colombus / 17 TH, 30) Dedi Bokoi / 22 TH, 31) Abia Amkat / 36 TH dan  32) Rambo Bokowi / 20 TH.
Sekedar diketahui, sebelumnya, Tim SAR gabungan terdiri dari Kantor SAR Timika, Pos SAR Agats, Dinsos Asmat, Pos TNI AL Agats, Dishub Asmat, crew helikopter TNI AU, dan keluarga korban kembali melakukan pencarian melakui jalur udara dan laut.
Tim SAR gabungan sempat mengerahkan helikopter Super Puma milik TNI AU, pesawat Cassa milik TNI AL, RB 217 milik Kantor SAR Timika, RIB 400 PK, dua unit LCR, speed boat, dan longboat milik keluarga korban. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment