Cacar Monyet Belum Ada Di Timika, Masyarakat Diminta Waspada

Bagikan Bagikan
Kepala Dinas Kesehatan Mimika, Alfred Douw.(Foto-Acik)

SAPA (TIMIKA) - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes)  Kabupaten Mimika,  Alfred Douw mengatakan untuk saat ini virus cacar monyet belum ada di Kabupaten Mimika.

"Kita di Papua dan khususnya di Timika belum ada virus cacar monyet itu,  tapi kita harap kepada masyarakat untuk tetap waspada dan menjaga kesehatan agar virus tersebut tidak terbawa sampai di Mimika dan beredar di Mimika, " ungkap Kadis Douw saat ditemui di ruang kerjanya di Puspem Kabupaten Mimika,  SP3,  Kamis (23/5.) 

Ia menjelaskan, virus cacar monyet  adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus cacar monyet yang dapat timbul pada hewan dan juga manusia.

"Walaupun belum ada cacar monyet ini, kita tetap antisipasi dengan melakukan sosialisasi  melalui bagian seksi penanganan penyakit menular, untuk mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan terus menjaga kesehatan, " jelasnya.

Untuk mencegah penyakit tersebut terus menular,  ia berharap semua masyarakat untuk memiliki kesadaran diri dan saling mengingatkan untuk mencegah penyakit tersebut.

Douw menjelaskan, virus cacar monyet kemungkinan akan seperti demam berdarah dengur (DBD) dimana dulu di Papua dan di Timika khsususnya,  DBD  tidak  ada,  namun belakangan ini DBD  mulai marak di Papua dan juga di Timika.

"Penularan DBD dibawa dari luar daerah dan lebih banyak masuk melalui pintu laut. Saya berharap kepada semua stakeholder terkait untuk dapat bersinergi mengantisipasi penularan DBD dan juga virus cacar monyet, " ujarnya.  (Jefri Manehat) 
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment