Dana Otsus Kabupaten Mimika Kemungkinan Bertambah

Bagikan Bagikan
Kepala BPKAD Kabupaten Mimika, Marten Papi Malisa.(Foto-Jefri Manehat)
SAPA (TIMIKA) - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Mimika, Marten Papi Malisa mengatakan hingga saat ini belum ada kepastian  kapan dana otonomi khusus (Otsus) akan diberikan Pemerintah Propinsi Papua kepada kabupaten dan kota. Namun dana Otsus untuk Kabupaten Mimika kemungkinan akan bertambah.

Berkaitan dengan itu Marten meminta setiap organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Mimika untuk menunggu keputusan dari Propinsi terkait perubahan dana Otsus tersebut. Semua kegiatan- kegiatan yang dananya dari Otsus ditahan sementara waktu.

“Sudah mau masuk Juni tapi belum ada kepastian. Mudah- mudahan setelah libur Lebaran ini kita sudah bisa dengar hasilnya agar kegiatan- kegiatan yang bersumber dari dana Otsus bisa dijalankan,” kata Marten saat ditemui di halaman Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Mimika, SP3, Senin (27/5).

“Kita juga sudah berkoordinasi dengan Propinsi terkait dengan kejelasan anggaran dana Otsus tersebut dan  informasi yang kita dapat bahwa peraturan terkait perubahan tersebut belum ditanda-tangani oleh Gubernur Papua,” katanya menambahkan.

Menanggapi dana Otsus digunakan untuk membiayai tenaga honorer, Marten mengatakan  hal tersebut menjadi permasalahan. Ia berharap Dinas terkait  dapat berkoordinasi dengan propinsi untuk meminta petunjuk terkait dengan gaji tenaga honorer  karena  itu merupakan hak yang harus dibayar dan semestinya tidak boleh ditahan.

Menurut Marten, keterlambatan dana Otsus sangat berdampak  pada pembangunan,  termasuk realisasi Otsus itu sendiri , apalagi terhadap kegiatan yang sudah diprogramkan.

Marten menjelaskan, menurut informasi yang diterima, untuk perubahan dana Otsus, ada beberapa daerah yang dikurangi nilainya dan dialihkan ke daerah-daerah yang melaksanakan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada tahun 2020 mendatang.

“Jadi kemungkinan besar Kabupaten Mimika ada penambahan,” ujarnya. (Jefri Manehat)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment