Freeport Diminta Realisasikan Permintaan Menteri ESDM Soal Dana Kemitraan

Bagikan Bagikan
 
Yonas Magal. (Foto-Dok SAPA)


SAPA (TIMIKA) - Wakil Ketua I DPRD Mimika, Yonas Magal, meminta kepada PT Freeport Indonesia (PTFI) untuk merealisasikan penyampaian Menteri ESDM Ignasius Jonan terkait menaikkan dana kemitraan dari satu persen menjadi dua persen guna menunjang program pengembangan masyarakat lokal disekitar areal pertambangan Freeport. 

Menurut Yonas, dengan menaikkan dana kemitraan menjadi dua persen sama sekali tidak berkaitan dengan penguasaan saham sebesar 10 persen yang diberikan ke Papua, melainkan dari pendapatan kotor yang diperoleh Freeport untuk kepentingan pemberdayaan masyarakat khususnya pemilik hak ulayat.  

"Menteri ESDM saat kunjungan ke Timika mengatakan bahwa, harus ada penambahan anggaran satu persen untuk masyarakat lokal melalui LPMAK menjadi dua persen," kata Yonas saat dihubungi Salam Papua baru-baru ini.  

Hal yang disampaikan Menteri ESDM Ignatius Jonan menurutnya telah mewakili pemerintah pusat yang memperhatikan terkait pengembangan masyarakat lokal dalam bidang pendidikan, kesehatan maupun ekonomi. Sehingga, kata dia, hal itu harus ditindaklanjuti oleh Freeport. 

"Jadi saya harap supaya PT Freeport segera menindaklanjuti itu," ujarnya.(Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment