Inilah Pengamen Pertama di Timika, Orang Sumatera Nyanyikan Lagu Iwan Fals di RM Coto Makassar

Bagikan Bagikan
Bung Andre saat menghibur pengunjung di salah satu rumah makan.(Foto-Acik)

SAPA (TIMIKA) -  Seperti kota-kota besar lain di Indonesia, saat ini di Kota Timika, Kabupaten Mimika telah ada pengamen yang menghibur pengunjung khusus di rumah makan. Dia mungkin layak disebut pengamen pertama di Kota Timika karena sebelumnya belum ada orang yang melakukannya.

Bung Andre. Itu sapaan pria asal Sumatera yang menjajakan suara khasnya di salah satu rumah makan Coto Makassar di Jalan Budi Utomo. Ia menuturkan, mengamen bertujuan untuk menghibur sesama dan mengisi waktu nganggur karena belum mendapatkan pekerjaan tetap di Timika.

“Saya tidak punyai ijazah. Kulit tubuh saya juga sudah penuh dengan gambar. Saya ngamen ini untuk menghibur dan mengisi waktu sebelum nanti ada pekerjaan tetap,” ungkap pria bertato ini, Senin (13/5).

Pria  berambut gondrong ini menghibur pengunjung diiring dengan Ukulele dan melantunkan lagu-lagu milik musisi ternama Indonesia, Iwan Fals.  

Selama mengamen di Timika, ia mengaku direspon baik oleh setiap pelanggan rumah makan. Meskipun terkadang ada masalah, tapi hal tersebut merupakan hal biasa yang juga bisa terjadi kepada orang lain yang bukan pengamen.

“Sebetulnya saya tidak menetap di satu kota saja. Kapan-kapan ke kota lain dan balik lagi ke Timika. Sebelum ke sini saya mengamen di Merauke,” ungkapnya.

Menjadi pengamen menurut dia, bukan menjadi sesuatu yang merugikan orang lain. Sebab yang dilakukan bukan memalak atau menawarkan hiburan dengan paksaan harus membayar dengan nominal uang jumlah tertentu.

“Di sini juga saya gabung dalam komunitas vespa. Jadi pengamen juga harus mengetahui posisi dan situasi biar tidak dipandang tidak baik oleh masyarakat. Intinya menghibur sesama saja,” tuturnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment