Longboat Hilang Kontak di Asmat Berpenumpang 30 Orang

Bagikan Bagikan
Tim SAR melakukan proses pencarian. (Foto-Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika)

SAPA (TIMIKA) – Perahu jenis longboat yang dilaporkan hilang kontak, pada Jumat (10/5), lantaran tak kunjung tiba setelah bertolak dari Distrik Fayit menuju Agats, ibukota Kabupaten Asmat. Seharusnya, longboat tersebut sudah tiba di Agats sejak Kamis (9/5) sekitar pukul 22.00 WIT. Laporan awal menyebutkan longboat berpenumpang lima orang, namun, laporan terakhir yang diterima Tim SAR gabungan, Minggu (12/5), ternyata longboat tersebut berpenumpang 30 orang.

Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, Muhammad, mengatakan setelah tim SAR gabungan beberapa hari terakhir melakukan upaya pencarian, perahu longboat beserta penumpangnya belum juga ditemukan.

“Info terbaru dari keluarga korban yang dilapangan bahwa, jumlah penumpang yang terdapat di longboat yang hilang kontak tersebut adalah 30 orang,” kata Muhammad dalam keterangan pers yang diterima Salam Timika, Minggu malam (12/5).

Perahu longboat yang diketahui berdasarkan laporan pihak keluarga korban, berukuran 2x9 dan bermesin 40 PK.  Longboat bertolak dari Distrik Fayit menuju Agats, Ibukota Kabupaten Asmat seharusnya sudah tiba pada Kamis (9/5) sekitar pukul 22.00 WIT, namun hingga Jumat sore (10/5) belum juga tiba.

Menindaklanjuti laporan itu, tim SAR gabungan dari Pos Kantor Pencarian dan Pertolongan Asmat yang melibatkan potensi SAR dengan menggunakan armada RIB 400 PK dan 1 unit speed boat, melakukan pencarian dengan menyisiran rute yang biasa dilalui dari Distrik Fayit menuju Agats. Namun hingga Minggu malam sekitar pukul 20.30 WIT belum membuahkan hasil.

“Direncanakan pencarian akan kembali dilanjutkan pada besok pagi (Senin (13/5) dengan menperluas area pencarian dan penambahan personel dan armada SAR Timika RB 217,” kata Muhammad.

Berikut data penumpang dan driver (pengemudi) yang berada didalam perahu longboat dan diperoleh tim SAR dari keluarga para korban, yakni Sulaiman Sopo (21), Bertus Jeman (22), Norbeta Jeman (22), Bernat Sogorom (21), Didi Muskokir (23), Kosmat Hesime (24), Deki Hesime (20), Marten Yaman (23), Rumbo (35) - Driver/pengemudi longboat, Abraham Sogorom (27), Yustina Bokoi (26), Klarce (23), Frans Bahakap (25), Abi Amkai (25), Kalvin Kawean (26), Oscar Yaman (25), Hans Kawean (28), Yohana (25), Maikel Amiyaram (27), Marsela Amiyaram (26), Baksi Amoye (27), Robeka Amoye (28), Indro Amkai (25), Pontius Kanem (27), Omenga Bakap (26), Tage Bakap (27), Marince Bakap (23), Semi Bahakap (25), Yunus Bakap (24), Keti Bahakap (27).

Sebelumnya, Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika melalui Pos Pencarian dan Pertolongan Asmat menerima laporan dari warga yang bernama Maklon Bahakap. Yang bersangkutan merupakan keluarga dari salah satu penumpang longboat mengatakan, seharusnya longboat sudah tiba pada Kamis (9/5) sekitar pukul 22.00 WIT, namun hingga Jumat sore (10/5) belum juga tiba di Agats.

Dalam menindaklanjuti laporan itu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, Monce Brury memberangkatkan tim SAR gabungan menggunakan armada RIB 400 PK dan 1 unit speed boat 40 PK, kemudian melakukan penyisiran pada area atau rute yang sering dilewati perahu-perahu dari Distrik Fayit menuju Agats. (Saldi)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment