LPMAK Buka Pendaftaran Calon Peserta Beasiswa Tahun 2019

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) - Biro Pendidikan Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) membuka pendaftaran calon peserta beasiswa 2019.

Kepala Biro Pendidikan LPMAK, Fransiskus Wanmang di Timika, Jumat (24/5), mengatakan peserta program beasiswa yang akan direkrut LPMAK yaitu untuk jenjang pendidikan SMP, SMA dan Perguruan Tinggi.

Para peserta berasal dari kalangan Suku Amungme dan Kamoro serta lima suku kekerabatan di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua yaitu Mee, Nduga, Damal, Dani, dan Moni.

"Pendaftaran calon peserta beasiswa LPMAK tahun 2019 dibuka mulai Senin 20 Mei 2019 sampai Rabu 29 Mei 2019 bertempat di kompleks MPCC Jalan C Heatubun Kwamki Baru Timika," jelas Fransiskus.

Ia menjelaskan untuk menjadi peserta beasiswa LPMAK, maka pendaftar harus mengikuti seleksi berkas, tes akademik dan wawancara yang akan dilakukan oleh mitra serta tes kesehatan.

"Hasil rangkaian tes ini yang kemudian menentukan lulus atau tidaknya calon peserta beasiswa," ujarnya.

Ia mengatakan tidak semua peserta yang mengikuti seleksi secara otomatis akan diterima sebagai peserta program beasiswa LPMAK.

Penentuan kelulusan peserta seleksi berdasarkan nilai dari setiap bidang tes yang diikuti.

Fransiskus mengatakan tahun ini LPMAK menyediakan kuota peserta program beasiswa sebanyak 200 orang dari jenjang SMP hingga perguruan tinggi.

Peserta yang lulus seleksi akan dikirim ke SMP Lokon Manado dengan kuota 25 orang dan SMP di Semarang sebanyak 10 orang dibawa pembinaan Yayasan Binterbusih.

Sementara untuk tingkat SMA, peserta yang lulus seleksi akan dikirim ke SMA Negeri 3 Jayapura dengan kuota lima orang dan SMA di Semarang sebanyak 25 orang.

Adapun untuk tingkat PT, LPMAK akan mengirim peserta yang lulus ke delapan PT di Indonesia yaitu Universitas Sanata Dharma Yogyakarta sebanyak 20 orang dengan pilihan jurusan yaitu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Mandala Surabaya sebanyak 20 orang dengan pilihan jurusan yaitu kedokteran, keperawatan dan farmasi.

Selain itu sebanyak 10 peserta akan dikirim ke Universitas Dela Sale Manado jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IKOPIN Bandung sebanyak 10 orang pilihan jurusan akuntansi dan manajemen bisnis, USTJ Jayapura sebanyak 20 peserta untuk jurusan teknik pertambangan dan teknik elektro.

LPMAK juga akan mengirim 20 peserta beasiswa ke Universitas Soegijapranata untuk jurusan teknik sipil, teknologi pertanian dan pangan, akuntansi, dan perpajakan, sebanyak 20 peserta akan dikirim ke Universitas Negeri Malang dengan pilihan jurusan Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Universitas Samratulangi Manado sebanyak 15 peserta dengan pilihan jurusan kedokteran, farmasi, dan keperawatan.

"Total peserta beasiswa untuk tingkat SMP sebanyak 35 siswa, SMA sebanyak 30 siswa dan Perguruan Tinggi sebanyak 135 peserta," jelas Fransiskus.

Selain 200 calon peserta beaaiswa baru tersebut, LPMAK tahun ini juga akan mengirim sejumlah anak-anak asli Suku Amungme dan Kamoro mengikuti seleksi masuk sekolah penerbangan di Banyuwangi, Jawa Timur. (Antara)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment