Pemprov Papua Dorong Pemerintah Kabupaten/Kota Tingkatkan Pendapatan Daerah

Bagikan Bagikan
Susana rapat koordinasi Pemprov Papua dan KPK di Ruang Sasana Karya Kantor Gubernur DOK II Jayapura.(Foto-Antara)

SAPA (JAYAPURA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mendorong kabupaten/kota di wilayahnya untuk meningkatkan pendapatan daerah sesuai dengan potensi masing-masing.

Wakil Gubernur (Wagub) Papua Klemen Tinal, di Jayapura, Kamis, mengatakan khususnya yang bersumber dari pajak daerah dan retribusi daerah guna mengurangi tingkat ketergantungan terhadap pemerintah pusat, sekaligus menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan pembiayaan pembangunan di daerah.

"Kestabilan dan fluktuasi nilai pendapatan asli daerah dalam menopang pembangunan daerah tidak dapat dilepaskan dari pengaruh kondisi perekonomian, baik dalam skala nasional, regional maupun global," katanya.

Menurut Klemen, untuk menyikapi hal tersebut pentingnya penyusunan target pendapatan daerah di setiap tahunnya secara cermat dan teliti, sehingga menghasilkan perencanaan yang akurat dan realistis dan diperlukan kerja keras, kreativitas serta inovasi dibutuhkan dalam meningkatkan pendapatan daerah.

"Dalam upaya penyusunan perencanaan pendapatan daerah perlu pengembangan potensi dan sumber-sumber pendapatan daerah agar berdasarkan pada kewenangan dan peraturan yang berlaku serta memperhatikan faktor-faktor lainnya seperti kualitas pelayanan masyarakat, kebijakan pemerintah pusat serta keberpihakan pada masyarakat yang kurang mampu.," ujarnya.

Senada dengan Klemen Tinal, Deputi Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi Aldiansyah Nasution alias Choky mengatakan berbicara tentang pajak penerimaan daerah adalah bagian tematik dari program yang akan segera didorong oleh KPK. (Antara)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment