Peringati Hari Pattimura Ke-202, Pemuda Maluku Bersihkan Kota dan Tempat Ibadah

Bagikan Bagikan
Peringati Hari Pattimura, pemuda Maluku dan TNI-Polri bersih kota. (Foto-Istimewa)

SAPA (TIMIKA) - Dalam memperingati Hari Pattimura ke 202 tahun 2019, pemuda Maluku di Kabupaten Mimika dalam hal ini Komunitas Pemuda Kei (KPK) bersama pemuda pemudi Maluku lainnya yang berdomisili Mimika dan TNI-Polri, menggelar kegiatan bakti sosial membersihkan beberapa sudut kota Timika dan tempat ibadah.

Ketua Komunitas Pemuda Kei, Yosep Temorubun mengatakan momen peringatan Hari Pattimura  tahun ini pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk peduli kebersihan agar wajah kota tempat masyarakat itu berdomisili menjadi lebih bersih.

“Memperingati ini (Hari Pattimura) dengan membersihkan kota dan juga tempat ibadah baik masjid maupun gereja, yang mana bertepatan dengan bulan puasa kita ciptakan toleransi antar umat beragama sehingga teman-teman umat muslim melaksanakan bulan puasa dengan penuh suka cita. Karena kebersihan juga adalah bagian dari iman,” kata Yosep kepada Salam Papua, Rabu (15/5).

Selain itu, Ia juga mengajak semua pemuda Maluku yang ada di Mimika untuk memupuk semangat kebersamaan dan tetap menjaga keamanan di Kabupaten Mimika dengan memulai dari diri sendiri.

“Kita berharap, sangat berharap kepada seluruh masyarakat dan semua pemangku kepentingan di Kabupaten Mimika untuk tetap menjaga kebersihan. Karena di Timika kita tahu sendiri, hujan terus menerus, sehingga genangan air terjadi dimana-mana. Sehingga kita antisipasi jangan sampai terjadi genangan air. Oleh karena itu kita bersihkan sampah sehingga datangnya hujan tidak terjadi penyumbatan akibat sampah di selokan yang berujung pada banjir,” ujarnya.

Yosep juga mengimbau masyarakat Mimika agar menjaga kebersihan di lingkungannya masing-masing dengan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan oleh Pemerintah, agar sampah tidak berhamburan sembarangan sudut kota Timika.

Sebelum melaksanakan bakti sosial, rombongan pemuda Maluku dan TNI-Polri berkumpul di lapangan Timika Indah yang kemudian melakukan pembersihan di sepanjang  Jalan Belibis hingga ke Masjid Babussalam, Jalan Ki Hajar Dewantara. Kemudian dilanjutkan ke Jalan Yos Sudarso hingga Gereja Tiga Raja. Dan dilanjutkan lagi ke Jalan Cenderawasih hingga Jalan Budi Utomo dan berakhir di lapangan Timika Indah. (Jefri Manehat)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment