Puluhan OMK Paroki St Sisilia SP2 Gelar Perarakan Salib PYD

Bagikan Bagikan

OMK Paroki St Sisilia SP2 saat menggelar perarakan Salib Papua Youth Day (PYD). (Foto-Acik)

SAPA (TIMIKA) -  Puluhan Orang Muda Katolik (OMK) Paroki St Sisilia SP2 menggelar perarakan Salib Papua Youth Day (PYD) atau Hari Pemuda Papua ke Gereja St Petrus Paroki SP3.

Koordinator Wilayah Kuasi SP2, Merpani Adii mengatakan, perarakan Salib YPD ini baru pertama kali dilakasnakan  di seluruh Keuskupan di Tanah Papua. Demikian juga untuk Dekenat Mimika dan Agimuga dan nantinya akan dilanjutkan ke Merauke pada tanggal 25 hingga 29 juni mendatang.

“Perarakan salib PYD ini dilakukan sejak seminggu lalu berawal dari Keuskupan Mimika ke Paroki di Mapurjaya. Selanjutnya ke Paroki Sempan dan diteruskan ke Gereja Katedral Tiga Raja. Salib PYD ini diarak ke setiap gereja paroki dan ditempatkan selama empat hari di setiap paroki,” kata Merpani di halaman Gereja St Sisilia, Senin (27/5).

Ia menjelaskan, perarakan Salib PYD ini bertujuan memberi dorongan atau membakar semangat bagi seluruh OMK di lima paroki yang ada di dekenat Mimika. Selain itu, agar OMK mengetahui bahwa adanya hari khusus orang muda se Papua yang disebut PYD.

PYD akan dilaksanakan di Merauke selama empat hari. Dari setiap dekenat akan diutus tiga orang yang merupakan OMK.

Konsep salib YPD menurut dia, merupakan hasil seni pahatan dari Suku Kamoro dengan hiasan berupa noken dari Suku Kamoro dan Mee.

“Kami berharap perarakan salib ini menyadarkan seluruh OMK di Mimika bahwa jantung Katolik itu ada di setiap anak muda. Itu berarti bukan lagi orang tua yang bekerja banting tulang untuk gereja,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, OMK harus bekerja agar gereja tetap hidup. Sedangkan, peran orang tua hanya sebagai penasihat dan pembimbing. Karena itu, anak muda tidak lagi menganggap datang gereja hanya untuk berkumpul atau berfoto bersama, tetapi harus melibatkan diri dalam membangun gereja dan pengembangan iman diri masing-masing. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment