Tak Ada Anggaran, Stadion Wania Imipi Tidak Terawat

Bagikan Bagikan
Kondisi di salah satu sisi area stadion Wania Imipi. Foto-Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) - Stadion sepak bola Wania Imipi yang terletak di Kelurahan Kamoro Jaya-SP 1, kondisinya tidak terawat lagi. Sampah terlihat banyak menumpuk disekitar halaman dan ditumbuhi rumput.

Menurut Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mimika, Mohammad Toha, kondisi itu dikarenakan tidak adanya anggaran untuk dilakukan pemeliharaan gedung stadion.

“Tapi yang harus lebih aktif untuk membersihkan dan memelihara gedung tersebut adalah orang-orang yang dikasih kepercayaan untuk tinggal dan menjaga fasilitas pemerintah tersebut, bukan hanya tinggal saja, tapi tidak punya rasa memiliki dan kesadaran untuk menjaga,” kata Mohammad Toha saat ditemui diruang kerjanya Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, jalan poros SP 3-Kuala Kencana, Jumat (10/5).

Bahkan, Toha menuturkan bahwa orang-orang yang telah diberi kepercayaan oleh pemerintah tersebut, selalu dipenuhi hak-haknya untuk menjaga stadion sejak tahun 2016 hingga sekarang.

Meski begitu, Toha mengakui tidak ada dana perawatan maupun untuk renovasi gedung stadion, dan terakhir perawatan dilakukan pada tahun 2016, dilakukan pengecatan dan penimbunan lapangan stadion.

Tidak adanya tarif yang diberikan untuk setiap penonton maupun yang melakukan pertandingan atau latihan dikarenakan bangunan tersebut merupakan fasilitas milik pemerintah, yang mana dibangun untuk memfasilitasi anak-anak dan pemuda untuk berkarya di bidang olahraga khususnya sepak bola.

“Itu kita siapkan untuk mereka, jadi tidak perlu bayar. Untuk perawatan itu tanggung dari pemerintah,” ujarnya. (Jefri Manehat)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment