APBD 2019 Belum Berjalan, Dewan Minta Bupati Nonjobkan Pimpinan OPD

Bagikan Bagikan
Saleh Alhamid (Foto Acik)

SAPA (TIMIKA) -  Hingga pertengahan Juni ini, program APBD tahun 2019 Kabupaten Mimika belum berjalan. Karena itu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mimika meminta Bupati Eltinus Omaleng menonjobkan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum mulai mengelola dan merealisasikan APBD.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi A DPRD Mimika, Saleh Alhamid, mengingat APBD Mimika telah ditetapkan sejak akhir tahun 2018 lalu dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) telah dibagikan ke setiap OPD. 

“Terus mereka tunggu apa? Jangan ada alasan mengatasnamakan bupati yang mengatakan takutnya bupati begini dan begitu. Bupati itu tidak pernah campur tangan semua proyek yang telah diberikan ke setiap OPD. Itu OPD sendiri yang menentukan,” ungkap Saleh di Kantor DPRD Mimika, Kamis (13/6).

Menurut dia, terlambatnya pelaksanaan program pembangunan APBD ini menjadi pertanyaan dan penilaian dari masyarakat bahwa bupati tidak bisa melaksanakan pembangunan dengan baik. Karena itu, nama bupati yang dibawa dan digarisbawahi masyarakat.

“Makanya saya minta bupati segera evaluasi seluruh OPD yang belum melaksanakan pembangunan dan nonjob saja pimpinannya,” tuturnya.

Bukan suatu alasan jika program APBD 2019 terhambat karena bupati sedang dalam keadaan duka atas meninggalnya Ny Nela Omaleng beberapa waktu lalu. Jika alasan tersebut benar adanya maka itu hanya dijadikan sebagai kambing hitam.

Selain alasan tersebut, ia menilai bahwa alasan belum dibentuknya panitia lelang merupakan alasan yang konyol. Apabila seperti ini, ada indikasi terkait pilih memilih siapa orang yang akan dikasih proyek dengan perhitungan bisa mendapatkan persenan atas proyek itu. 

“Indikasinya adalah kasih uang baru proyek dikasih. Saya salah satu anggota DPRD yang jarang dapat proyek kerena mereka tahu kalau Saleh Alhamid itu tidak bisa diminta persenan,” tuturnya.

Padahal sebenarnya satu hari setelah APBD ditetapkan, setiap OPD secepatnya membentuk panitia lelang karena panitia lelang tersebut telah ada di dalam sistim. Lalu kenapa hingga saat ini  belum ada tanda apa-apa? (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment