Baznas Daftarkan Guru Ngaji, Imam Dan Marbot Masjid Se Mimika ke BPJS Ketenagakerjaan

Bagikan Bagikan
Umar Habib (Foto Acik)

SAPA (TIMIKA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Mimika tahun ini mendaftarkan Guru Ngaji, Imam Dan Marbot Masjid (petugas kebersihan) Se Mimika ke BPJS Ketenagakerjaan untuk memperoleh jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

Ketua Baznas Mimika, Umar Habib saat ditemui Salam Papua di Kantor Baznas mengatakan, pemberian jaminan ketenagakerjaan bagi Guru Ngaji, Imam dan Marbot Masjid ini khusus yang bertugas di seluruh wilayah SP dan bukan merupakan karyawan swasta ataupun PNS. Yang terdata telah ada sebanyak 150 lebih, tetapi akan dilakukan ferivikasi ulang untuk memastikan ada dan tidak adanya pekerjaan ganda yang dijalankan.

"Program ini sudah kami rencanakan sejak awal karena memang selama ini mereka itu belum mendapatkan imbalan yang layak. Program ini merupakan pertama di Mimika dan kemungkinan pertama untuk di Papua," kata Umar, Selasa (4/6).

Ia menjelaskan program ini sebagai langkah menghargai pengabdian mereka dalam setiap kegiatan keagamaan sehingga iuran BPJS Ketenagakerjaan mereka akan dibayar Baznas setiap bulannya.

Hal ini harus dilakukan mengingat, telah pernah ada pengalaman Marbot di salah satu masjid di Mimika yang jatuh dan meninggal saat jalankan tugasnya membersihkan masjid. Namun tidak mendapatkan bantuan. Ia hanya mendapat biaya pemakaman.

Selain itu, juga ada seorang Ustad yang telah mengabdi selama hampir 21 tahun sebagai guru ngaji dan imam masjid, tapi ketika meninggal tidak mendapatkan bantuan.

"Makanya tahun ini kami berupaya mendaftarkan mereka ke BPJS Ketenagakerjaan," jelasnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment