Dinas Koperasi Gelar Pelatihan Tingkatkan Kualitas Kemandirian Pelaku UKM

Bagikan Bagikan

Pelatihan manajemen pengelolaan KUD dan UKM (Foto Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Mimika  menggelar pelatihan manajemen pengelolaan koperasi unit desa atau KUD dan UKM, untuk meningkatkan kualitas kemandirian koperasi pada pelaku UKM di daerah tersebut.

Pelatihan  yang dikemas selama tiga hari lamanya  bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan sumber daya manusia ( SDM ) koperasi mikro kecil dan menengah  dilaksanakan di Gedung Koperasi Sekunder Mimika Amko Jaga,  Jalan Hasanuddin,  Kamis (13/6). 

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Mimika,  Sihol Parningotan.  Dalam sambutannya Sihol yang juga merupakan Kepala Bagian (Kabag)  Hukum Setda Mimika mengatakan, koperasi dan UKM merupakan ujung tombak perekonomian rakyat secara nasional yang perlu diperhatikan dan dikembangkan diseluruh tanah air, termasuk di Kabupaten Mimika.

Menurut Sihol,  UKM atau usaha kecil menengah saat ini memiliki posisi yang penting,  bukan saja dalam penyerapan tenang kerja,  dan kesejahteraan masyarakat di daerah,  UKM juga menjadi perekat dan menstabilkan masalah kesenjangan sosial.

Ia menuturkan, seiring derasnya persaingan global yang terjadi saat ini,  maka diperlukan upaya untuk menumbuhkan iklim kondusif bagi perkembangan koperasi dan UKM, serta pelatihan kepada masyarakat untuk bisa menciptakan peluang usaha guna mengembangkan keberadaan koperasi dan UKM. 
"Koperasi dan UKM harus mampu mengadaptasi kemajuan teknologi,  sistem manajemen yang baik dan memperhatikan setiap perubahan yang terjadi.  Koperasi dapat berjalan secara efektif jika dilakukan penanganan secara serius yang didasari dengan semangat,  kebersamaan dan partisipasi antara pengurus dan anggotanya,  agar dapat mengembangkan koperasi dan UKM di Kabupaten Mimika," ujarnya.

"Saya harap pelatihan ini dapat memberikan satu hal baru dalam pengelolaan koperasi dan UKM yang lebih baik,  dan menciptakan unit-unit usaha dan produk-produk lokal yang berkualitas dan berdaya saing," kata Sihol. (Jefri Manehat)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment