LPMAK Akan Dirubah Menjadi Yayasan di Akhir 2019, Tetap Utamakan Amungme, Kamoro Dan Lima Suku Kekerabatan

Bagikan Bagikan

Elminus B Mom














SAPA (TIMIKA) - Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) rencananya akan dirubah menjadi Yayasan yakni Yayasan Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) pada akhir tahun 2019.

Anggota Biro Masyarakat (BM) LPMAK, Elminus B Mom mengatakan, saat ini proses pembayaran berdasarkan struktur yang ada tetap berjalan hingga akhir Desember nanti. Selanjutnya akan diberlakukan struktur dan program baru termasuk penerimaan karyawan setelah menjadi yayasan.

"Tanggal 12 sampai 16 Juni semua biro LPMAK sudah lakukan pertemuan di salah satu hotel di Makassar bersama PTFI. Pokoknya sampai akhir Desember nanti LPMAK itu dihapus dari bentuk lembaga dan diganti menjadi yayasan," kata Elminus di Kantor DPRD Mimika, Senin (17/6).

Perubahan LPMAK menjadi yayasan mengingat, berbagai proses yang diterapkan LPMAK selama ini terlalu berliku-liku sehingga banyak yang memakan waktu lama dan gagal.

Namun dengan menjadi Yayasan maka akan berbadan hukum serta tetap mengutamakan dua suku asli yakni Amungme dan Kamoro (Amor) dan lima suku kekerabatan yang ada.

"Masyarakat Amungme, Kamoro dan lima suku kekerabatan sudah setuju LPMAK jadi Yayasan. Dengan Yayasaan ini nanti bisa menjadikan pembangunan masyarakat lebih layak," kata Elminus yang juga Ketua DPRD Mimika.

Kelanjutan dari pertemuan di Makassar, menurut dia saat ini semua biro LPMAK langsung membentuk tim transisi yang berfungsi untuk mengatur semua yang terkait dengan persoalan struktural LPMAK yang telah ada.

Setelah adanya yayasan maka segala programnya akan turun langsung ke seluruh masyarakat secara merata, baik pesisir pantai maupun pegunungan.

"Dengan yayasan ini nantinya sleuruh masyarakat akan merasakan dana yang nantinya dikucurkan dari PTFI," jelasnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

2 komentar:

  1. Kami dari masyarakat kecil mengimbau agar semua elemen dalam lembaga LPMAK berfikir dengan baik dampak dari perubahan lembaga ke yayasan......sebab bagi kami kedengarannya agak lucu....dari posisi atas turun ke posisi bawa lucu kan bukan?....PERTAHANKANLAH HAK MU LPMAK.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan lucu,akan tetapi justru lbh baik...Krn ada dasar hukum yg kuat Krn yayasan adalah berbadan hukum,berbeda dgn Lembaga yg slama ini berdiri yg bersifat independen...saya rasa program nya tetap sama saja mengacu ke 3 pilar utama,menurut anda mana yg lucu dan dinilai dari mana jika yayasan itu menjadi posi2 bawa????

      Delete