Petugas Kesehatan Nduga Tak Laksanakan PIN Polio

Bagikan Bagikan
Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Papua Togu Sihombing.(Foto-TopikPapua)

SAPA (JAYAPURA) - Pejabat Dinas Kesehatan Provinsi Papua menyebutkan petugas kesehatan di Kabupaten Nduga tak pernah melakukan sub pekan imunisasi polio putaran pertama sejak April 2019-Mei 2019.

"Cakupan imunisasi sub PIN polionya terendah di Papua, masih nol persen, petugas kesehatan setempat tidak pernah turun lapangan," kata Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Togu Sihombing di Jayapura, Jumat.

Togu mengatakan, petugas kesehatan tidak pernah turun ke lapangan. Dinas Kesehatan Provinsi pernah menemui Kepala Dinas Kesehatan Nduga, Ina Gwijangge dan menanyakan hal tersebut.

"Ibu Kepala Dinas Kesehatan Nduga bilang rata-rata masyarakat dan pegawai di Nduga tidak berada ditempat atau diluar Nduga, sehingga tidak ada orang jadi mereka takut turub lapangan," katanya.

Dia menyebutkan Kepala Dinkes Nduga juga mengatakan pihaknya hendak melakukan pelayanan kesehatan di kampung-kampung terutama sub PIN polio namun terkendala transportasi.

"Katanya mereka mau pergi melayani tapi pesawat berbadan kecil yang melayani ke kampung-kampung susah, sehingga mereka takut turun melayani karena takut tidak dapat pesawat," katanya.

Dia mengatakan, Dinkes Papua tak bisa berperan untuk mengambil alih pelayanan kesehatan di kabupaten ini karena itu ranahnya pimpinan Pemerintahan Nduga.

"Kami Dinas Kesehatan Papua hanya memberikan sosialisasi saja tidak bisa lebih dari itu karena bukan kewenangannya kami," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Nduga, kata dia, sudah dipanggil dan ditanya namun katanya mereka sudah bekerja, tetapi realita dilapangan tidak seperti yang disampaikan.

"Kami sudah undang mereka dan memberikan pencerahan, pemahaman dan penjelasan kepada mereka namun tidak terealisasi," tambah dia.(Antara)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment