Sekda Bantah Dana Otsus Di Mimika Tidak Dirasakan Masyarakat

Bagikan Bagikan

Pj Sekda Mimika Marthen Paiding (Foto Jefri Manehat)














SAPA (TIMIKA) - Pj Sekretaris Daerah (Sekda)  Kabupaten Mimika,  Marthen Paiding membantah pendapat yang menyebutkan realisasi dana otonomi khusus (Otsus) di Kabupaten Mimika tidak dirasakan oleh  masyarakat.

Sekda Marthen menjelaskan, tidak benar jika dana Otsus tidak dirasakan oleh masyarakat.  Dana Otsus tidak dirasakan masyarakat karena bukan untuk dibagi- bagikan langsung kepada masyarakat. Tapi dana Otsus diberikan kepada masyarakat dalam bentuk program dan fasilitas untuk menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Jadi dana Otsus tidak dibagi bagi kepada masyarakat berupa uang tapi melalui program untuk membangun  masyarakat, " tegas Sekda Marthe  pada kegiatan Tatap Muka Pemda Mimika, TNI Polri Bersama Tokoh Masyarakat Tokoh Agama Se Kabupaten Mimika yang digelar di salah satu hotel di Timika, Kamis (13/6).

Menurut Sekda,  dana otsus diberikan kepada masyarakat berupa program pendidikan,  kesehatan dan peningkatan ekonomi. 

Program untuk pendidikan,  jelas Sekda Marthen  berupa beasiswa kepada anak-anak asli Papua untuk melanjutkan pendidikan.  Sedang dibidang kesehatan, dana otsus diberikan untuk pembangunan fasilitas-fasilitas penunjang kesehatan.

Salah satu contoh lain adalah dengan adanya penerimaan  calon pegawai negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Mimika untuk mengakomodir Otsus,  dimana dalam penerimaan CPNS Pemerintah Kabupaten Mimika  prioritaskan kepada Orang Asli Papua (OAP)  yakni Amungme dan Kamoro.  (Jefri Manehat)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment