Stasiun Karantina Pertanian Biak Numfor Musnahkan Ayam Ilegal

Bagikan Bagikan
SAPA (BIAK) - Stasiun Karantina Pertanian Kelas 1 Kabupaten Biak Numfor di Papua pada Kamis (13/6) memusnahkan tiga ayam yang secara ilegal dibawa dari Sorong dalam upaya mencegah penyebaran penyakit ternak.

Ketiga ayam itu dimusnahkan dengan cara disuntik lalu disembelih dan dibakar di kompleks kantor pelayanan Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Biak Numfor di Jalan Muhammad Yamin, kompleks Bandara Frans Kaisiepo Biak.

"Pemusnahan tiga ekor ayam ilegal yang dibawa dari Sorong dengan kapal laut merupakan wujud nyata penegakan peraturan Undang-undang RI nomor 16 tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan," kata Kepala Urusan Tata Usaha Stasiun Karantina Pertanian Kelas 1 Biak Numfor Djibrael di sela-sela pemusnahan ayam ilegal.

Ia mengatakan ketiga ayam itu masuk ke Kabupaten Biak Numfor tanpa sertifikat karantina dari daerah asal sehingga petugas mengambil tindakan.

Sesuai ketentuan, setiap ternak yang masuk ke Biak harus dilengkapi dengan surat keterangan karantina dari daerah asal untuk memastikan ternak yang bersangkutan bebas dari penyakit.

Djibrael mengatakan tindakan pemusnahan merupakan wujud nyata upaya menjaga wilayah Biak tetap bebas dari berbagai penyakit ternak. (Antara)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment