Zakat Dari Kesatuan Polri Dan TNI Mimika Disalurkan Melalui Baznas

Bagikan Bagikan
Ketua Baznas Mimika, Umar Habib saat membagikan zakat kepada beberapa warga Muslim Mimika. (Foto Acik)

SAPA (TIMIKA) - Ketua Baznas Mimika, Umar Habib mangatakan, seluruh zakat dari kesatuan Polri dan TNI di bulan Ramadhan 1040 H ini disalurkan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Mimika.

Sejak awal bulan Ramadhan, Baznas mulai mengimbau pembayaran zakat, tetapi secara keseluruhan jumlah penyaluran zakat di Mimika belum bisa dilaporkan mengingat masih banyak yang melakukan penyaluran hingga H-1 perayaan Idul Fitri.

"Kami belum bisa totalkan secara kesluruhan zakat di Mimika termasuk yang dari kesatuan Polri dan TNI karena belum terkumpul semua. Jumlahnya akan kami umumkan saat hari Idul Fitri sebelum pelaksanaan shalat Ied di Lapangan Timika Indah," ungkapnya saat ditemui Salam Papua di Kantor Baznas, Selasa (4/6).

Ia menjelaskan, sebelumnya zakat dari seluruh donatur di Mimika diberikan langsung kepada penerima dengan kategori tertentu ataupun ke hampung halaman masing-masing, tapi saat ini diambil alih oleh Baznas agar penyaluran zakat ini bisa tertata dengan baik.

Zakat Mal dan Zakat Fitra memang menurut dia, dikhususkan bagi sesama Muslim, tetapi Zakat Infak dan sedeka yang diterima bisa disalurkan juga bagi seluruh umat manusia tanpa memilih siapa yang perlu dibantu.

"Sekarang ini kami imbaukan untuk yang hari-harinya bekerja atau berusaha di Timika harus membayar zakatnya di Timika melalui Baznas untuk masyarakat Fimika. Diharapkan tahun ini bisa lebih meningkat dari tahun-tahun sebelumnya," tuturnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment