DPRD Mimika Nilai Dispol-PP Lalai Menegakkan Peraturan Daerah

Bagikan Bagikan
Yohanes Wantik (SAPA/Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  Kabupaten Mimika menilai Dinas Polisi Pamong Praja (Dispol-PP)  Kabupaten Mimika lalai dalam menegakkan peraturan daerah (Perda).

Hal tersebut diutarakan Anggota Komisi C,  Yohanes Wantik pada Rabu (17/7). Akibat tidak adanya penegakkan itu, Wantik menilai banyak Perda yang tidak berjalan maksimal.

Wantik yang ditemui di Kantor DPRD Mimika jalan Cendrawasih itu, menyebut  Perda yang tidak dijalankan maksimal itu seperti Perda tentang Pembuangan sampah harus pada waktunya, yang  dikeluarkan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mimika.

Selain itu,  kata Wantik, banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berkeliaran pada jam kerja dan anak-anak sekolah yang berkeliaran pada jam sekolah namun tidak pernah ditertibkan oleh Dispol PP.

"Dispol-PP punya tugas sangat berat, Dispol-PP punya tanggung jawab yang besar dalam hal keamanan di dalam pemerintahan. Ada persoalan yang terjadi di pemerintahan, Dispol-PP yang harus menegakkan itu.  Semua peraturan daerah yang harus tegakkan adalah Dispol-PP," kata Wantik.

Selain itu, pemanfaatan fasilitas- fasilitas pemerintah yang tidak tepat,  juga harus ditertibkan oleh Dispol-PP berkoordinasi dengan OPD terkait.

"Kalau untuk menjalankan itu Dispol-PP merasa kurang anggaran, maka harus terbuka. Tapi saya rasa hal itu bukan karena kurangnya anggaran,  namun karena belum adanya kesadaran akan apa tugas pokoknya.  Jika mereka menyadari tugas pokok pasti mereka menjalankan tugas itu," ujarnya.

Kabupaten lain, kata Wantik dengan APBD yang kecil, mereka bisa menerapkan aturan yang ada pada pemerintahan karena mereka sadar itu merupakan tugas  yang harus dijalankan. Sementara Kabupaten Mimika punya APBD yang besar sehingga ia berharap Dispol-PP dapat menjalankan tugas menerapkan Perda yang berlaku di Kabupaten Mimika.

Menurut Wantik, selain harus ada perhatian langsung dari Pimpinan,  Kepala Dinas juga harus tegas mengatur bawahannya untuk menjaga keamanan di pemerintahan dan menegakkan Perda. (Jefri Manehat)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment