Pemkot Sorong Minta Masyarakat Mengurus KIA

Bagikan Bagikan
Ilustrasi-kartu identitas anak (KIA). (Foto-Istimewa)

SAPA (SORONG) - Pemerintah Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, meminta masyarakat setempat mengurus kartu identitas anak (KIA) guna memudahkan pengurusan dokumen kependudukan secara berjenjang.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Sorong, Onesimus Asem di Sorong, Kamis, mengatakan berdasarkan Peraturan Kementerian Dalam Negeri Nomor 2 tahun 2016, anak yang masih berusia di bawah 17 tahun wajib memiliki kartu identitas anak.

Dia mengatakan, Permendagri tersebut sudah diberlakukan secara nasional pada tahun 2018. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Sorong telah melayani KIA.

Menurut dia, selain mengurus akta kelahiran anak, orang tua juga harus mengurus KIA agar memudahkan anak saat memasuki jenjang pendidikan.

Kartu identitas anak sama halnya dengan KTP bagi orang dewasa agar anak legal sebagai penduduk Indonesia yang memiliki identitas jelas.

Karena itu, dia mengimbau warga Kota Sorong segera mengurus kartu identitas anak bagi anak yang masih berusia di bawah 17 tahun.

"KIA sangat penting terutama untuk pelayanan publik. Kartu tersebut akan memberikan kemudahan karena biodata anak lengkap dan jelas," ujarnya.(Antara)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment