Graha Eme Neme Yauware Tidak Layak, Pusat Siapkan Rp 15 Miliar Bangun GOR untuk Dua Cabor

Bagikan Bagikan
Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE, MH. (Foto: SAPA/Saldi)

SAPA (TIMIKA) - Bupati Mimika, Eltinus Omaleng mengatakan, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyiapkan dana sebesar Rp15 miliar untuk pembangunan GOR dua cabang olahraga (cabor) di Kabupaten Mimika, yakni judo dan tenis meja dalam rangka persiapan penyelenggaraan PON XX tahun 2020 Papua. 

Dalam rapat koordinasi bersama Kemenpora beberapa waktu lalu di Jakarta, Bupati dari kabupaten-kabupaten tuan rumah atau cluster PON membahas persiapan PON XX tahun 2020 di Papua, termasuk dihadiri Bupati Mimika Eltinus Omaleng. 

Dalam rapat itu, venue cabang olahraga menjadi bahan pembahasan penting bagi cluster tuan rumah penyelenggara PON. Untuk cluster Mimika, gedung Graha Eme Neme Yauware yang tadinya dipersiapkan untuk mempertandingkan dua cabor, di anggap tidak layak digunakan. Sehingga pusat mengusulkan kedua cabor tersebut dipindahkan ke Merauke. 

Namun, Bupati Eltinus menyampaikan jika dua cabor itu dipindahkan dari Mimika ke Merauke, maka harus digantikan dengan dua cabor lainnya untuk dipertandingkan di Mimika. 

"Mereka alasannya karena tidak ada GOR, mereka mau pindahkan ke Merauke. Kita bilang nggak bisa, kalau mau pindahkan harus ganti," ujar Eltinus saat diwawancara usai pelaksanaan Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 di Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Sabtu (17/8). 

Karena Bupati bersikeras untuk diganti dengan dua cabor lainnya, sedangkan hal itu tidak dapat dipenuhi oleh pusat, akhirnya pusat menyiapkan dana sebesar Rp15 miliar untuk Kabupaten Mimika membangun GOR atau venue yang layak guna mempertandingkan dua cabor tersebut.

"Maka mereka dari pusat bilang oke, kami siapkan 15 miliar, pak bupati siapkan tanah untuk bangun," ujar Eltinus. 

Terkait hal itu, kata Eltinus, pemerintah pusat hanya menyiapkan dana untuk pembangunan GOR, sedangkan untuk fasilitas lainnya seperti fasilitas penunjang, itu merupakan tanggung jawab dari Pemerintah Kabupaten Mimika. 

"Untuk infrastruktur, mereka cuma mau serahkan hanya untuk bangun GOR 15 miliar. Kalau untuk penimbunan, jalan dan lain-lain, itu kita bertangung jawab, dia hanya bangunan," kata Bupati Eltinus. (Saldi)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment