Menteri Ignasius Jonan Jadi Irup HUT RI ke 74 di Area PT Freeport Tembagapura Tanpa Koordinasi Pemda, Eltinus Omaleng: “Sampaikan bahwa Pak Bupati Marah”

Bagikan Bagikan
Bupati Mimika Eltinus Omaleng (Foto: SAPA/Salma)

SAPA (TIMIKA) - Bupati Mimika Eltinus Omaleng menyayangkan kedatangan Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM), Ignasius Jonan yang akan menjadi inpektur upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT)  ke-74 RI di Kawasan PT Freeport Indonesia (PTFI)  area Tembagaura, Mimika, Papua, Sabtu (17/8) tanpa koordinasi Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

"Sampaikan bahwa pak Bupati marah. Yang kita sesalkan kenapa tidak singgah di pemerintah. Kenapa langsung naik ke atas (Tembagapura - red)," kata Bupati saat ditemui wartawan di Graha Eme Neme Yauware, Jumat (16/8).

Bupati Omaleng mengaku baru mengetahui kedatangan Menteri Jonan pada Jumat (16/8) sore melalui pesan singkat.

"Undangannya baru saya dapat dari pihak sana pada sore hari yang berisikan "Ijin, kami datang mau kunjungi di sana (Tembagapura -red)," ungkap Bupati Omaleng.
Menteri ESDM Ignasius Jonan dan rombongan tiba di Bandara Internasional Mozes Kilangin (Foto: Istimewa)

Menurutnya, kedatangan Menteri ESDM Ignasius Jonan yang diundang langsung pihak PT Freeport Indonesia juga tidak dapat disalahkan.

"Itu kewenangan mereka (PT Freeport Indonesia - red) yang undang langsung pak Menteri," ujarnya sembari menegaskan bahwa di Papua, khususnya Kabupaten Mimika juga terdapat pemerintahan yang punya hak dan kewenangan.

"Di sana itu daerah tembak-menembak. Kalau terjadi apa-apa siapa yang disalahkan?," ujarnya.

Kendati demikian, Bupati Omaleng berharap agar momentum peringatan HUT RI ke-74 di Kabupaten Mimika dapat berlangsung aman, damai, khidmat dan penuh makna.

Diketahui, Menteri ESDM Ignasius Jonan tiba sekitar pukul 06.44 WIT di Bandara Internasional Mozes Kilangin Timika menggunakan pesawat Airfast Indonesia.

Selanjutnya, sekitar pukul 07.09 WIT Menteri ESDM beserta rombongan didampingi Dirut PTFI,  Tony Wenas take off ke Tembagapura menggunakan Helly Bell 412 PK-ZGR PT. SGI. (Salma)


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

2 komentar:

  1. Apa yang disampaikan Oleh Pak Bupati ELTINUS Omaleng adalah benar,tdk ada yg slh.karena beliaulah yg 01 dikabupaten mimika .kepetingan apapun harus ada ijin tuan rumah sebelum masuk ke rmh org lain.siapa yang tidak marah dan
    Ada apa sebenarnya langsung dari Jkrt transit Timika dan turun di TPRA ??

    ReplyDelete
  2. & alasan keamanan sangat2 teramat benar.! Krn klw kemarin terjadi penembakan, siapa yg salah & yg akan disalahkan?

    ReplyDelete