TMMD Reguler Ke 105 Kodim 1710/Mimika di Kampung Mandiri Jaya Resmi Ditutup

Bagikan Bagikan
Penandatanganan berita acara penyerahan pembangunan dari program TMMD oleh Dandim 1710/Mimika dan Asisten III Setda Mimika yang disaksikan Danrem 174/ATW. (Foto: SAPA/Saldi)

SAPA (TIMIKA) - Komandan Korem (Korem) 174/Anim Ti Waninggap (ATW), Brigjen TNI Raden Agus Abdurrauf, secara resmi mewakili Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring, menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kampung Mandiri Jaya, Distrik Wania, Kabupaten Mimika, Papua, Kamis (8/8).

Pada upacara penutupan, Danrem menyampaikan sambutan Pangdam selaku penanggungjawab keberhasilan operasi, yangmana mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit, pemerintah daerah, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda serta seluruh masyarakat atas partisipasinya dalam mendukung kegiatan TMMD ke 105.

Program TMMD ke 105 yang sudah dilaksanakan sejak 10 Juli hingga 8 Agustus 2019 ini, merupakan program lintas sektoral antar TNI, Kementerian dan Lembaga non Kementerian serta pemerintah daerah bersama-sama unsur terkait lainnya dalam rangka membantu percepatan pembangunan di Papua, yang mana pelaksanaannya dibagi dalam dua sasaran, yakni sasaran fisik dan non fisik. 

“Sasaran fisik di wilayah Kodim 1710/Mimika berupa pembuatan tiga buah sumur bor,  bak penampungan air, MCK umum tiga unit, pembuatan dua unit jembatan kampung dan penimbunan jalan sepanjang satu kilo meter,” kata Danrem saat membacakan sambutan Pangdam.

Sedangkan sasaran non fisik yang dilakukan adalah penyuluhan mulai dari penyuluhan agama, kesehatan, HIV/AIDS, KB kesehatan, hukum dan HAM, narkoba, ketahanan pangan, perikanan, pertanian, perkebunan, lingkungan  hidup, pelatihan olahraga, pelatihan siskam swakarsa dan pemutaran film pendidikan dan pembangunan serta membantu mengajar di sekolah, termasuk pemberian sembako, buku bacaan dan sarana olahraga kepada masyarakat.

Kegiatan TMMD yang telah dilaksanakan tersebut, esensinya terletak pada pencapaian hasil tri sukses TMMD, yakni sukses pelaksanaan TMMD, sukses memperkokoh kemanunggalan TNI-Rakyat dan sukses meningkatkan gotong royong sebagai sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Oleh karenanya, saya harapkan berbagai pembangunan agar dipelihara dan dimanfaatkan dengan baik, sehingga masa pakainya dapat bertahan lama. Sedangkan kegiatan non fisik yang sudah dilaksanakan  agar dihayati dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya.

Yang telah disampaikan diatas, kata Pangdam, sejalan dengan tema TMMD ke 105 tahun anggaran 2019, yaitu ”Bersama TMMD membangun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat”. 

“Akhirnya kepada para prajurit yang akan meninggalkan lokasi TMMD, agar memperhatikan faktor  keamanan selama perpindahan dari lokasi TMMD ke home base,” ujarnya.

Usai upacara penutupan TMMD yang didalamnya sekaligus dilakukan penandatangan berita acara penyerahan pembangunan oleh Satgas TMMD yang dilakukan oleh Komandan Kodim (Dandim) 1710/Mimika, Letkol Inf Pio L. Nainggolan bersama Asisten III Setda Mimika, I Nyoman Putu Arka, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan dan sembako oleh Danrem serta bantuan dana CSR dari Bank BRI Cabang Timika kepada masyarakat setempat. Dilanjutkan lagi dengan peninjauan pembangunan jembatan penghubung yang telah rampung dilaksanakan.

Hadir juga dalam kegiatan ini para komandan satuan TNI-Polri di Mimika, perwakilan DPRD Mimika, sejumlah kepada OPD lingkup Pemkab Mimika, Pemerintahan Distrik Wania, para tokoh agama, adat dan pemuda serta masyarakat setempat. (Saldi)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment