Insan Perhubungan Aksi Bersih Laut dan Pantai Mimika

Bagikan Bagikan
Kegiatan bersih laut dan pantai di sekitaran pelabuhan Poumako. (Foto: SAPA/Saldi)

SAPA (TIMIKA) - Insan Perhubungan di Kabupaten Mimika dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2019 yang jatuh pada tanggal 17 September mendatang, melaksanakan kegiatan bersih laut dan pantai disekitar Pelabuhan Poumako hingga ke Pelabuhan Rakyat, Distrik Mimika Timur, Kamis (12/9).

Sebelum melaksanakan kegiatan tersebut  panitia terlebih dahulu melakukan apel bersama dan membacakan sambutan dari Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi. 

Sambutan yang dibacakan oleh Plt Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika, Yan S. Purba itu, menyoroti sampah plastik di laut Indonesia yang menjadi urutan kedua terbanyak di dunia. Untuk mengurangi itu, tentu memerlukan pastisipasi dan kesadaran seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karenanya, Menteri Perhubungan mengajak semua pihak berpartisipasi membersihkan sampah disekitar pelabuhan pada daerahnya masing-masing. 

Dalam menyambut Harhubnas 2019 ini, jajaran kementerian khususnya Direktorat Jenderal Perhubungan Laut pada hari ini secara serentak diseluruh Indonesia menggelar aksi atau gerakan bersih laut dan pantai. 

“Sampah plastik itu berbahaya bagi ekosistem kita di laut. Untuk itu Pemerintah Indonesia melalui Dirjen Perhubungan bertekad dan memantapkan penurunan sampah plastik di laut hingga 70 persen,” kata Menteri Pehubungan dalam sambutannya.

Aksi bersih laut dan pantai di Kabupaten Mimika melibatkan seluruh insan perhubungan, TNI-Polri, stakeholder juga masyarakat sekitar pelabuhan. Aksi bersih-bersih sampah ini dilakukan disekitar Pelabuhan Poumako hingga ke bibir sungai menuju Pelabuhan Rakyat dengan menggunakan sejumlah kapal milik Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP), Polisi Perairan (Polair) Polres Mimika dan PT Freeport Indonesia.

Kepala Unit Pelaksana Pelabuhan (UPP) Kelas II Poumako, Husni Anwar Tianotak, yang juga selaku ketua panitia kegiatan ini mengatakan, gerakan bersih laut dan pantai ini dilaksanakan serentak mulai dari wilayah timur, tengah dan barat Indonesia. Tidak hanya kegiatan bersih laut dan pantai, kegiatan lainnya juga akan dilaksanakan menyongsong Harhubnas hingga puncaknya pada 17 September mendatang.

“Acara Harhubnas itu ada beberapa agenda yang mungkin kami sama-sama lakukan. Dan yang terpenting disini adalah, bagaimana kebersamaan kita itu sama-sama menjaga laut dan pantai hingga terbebas dari sampah plastik,” ujarnya. (Saldi)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment