Kapolres Mimika Cat Makam Panglima TPN-OPM Kelly Kwalik Dengan Merah Putih, Hilangkan Warna Bintang Kejora

Bagikan Bagikan

Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto saat mewarnai makam Panglima TPN-OPM Kelly Kwalik

SAPA (TIMIKA) - Ubin makam petinggi Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM) Kelly Kwalik di samping Lapangan Timika Indah, Jalan Budi Utomo, yang membentuk pola Bintang Kejora dihilangkan, diganti cat warna Merah Putih oleh Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto, Kamis (19/9).

Pantauan Salam Papua, pengecatan tersebut dilakukan pasca pembubaran paksa mahasiswa dan pelajar Kabupaten Mimika  se-Indonesia yang menggelar bakar batu dan doa syukuran sebagai pemulihan rasa trauma atas intimidasi yang dialami dimasing-masing kota studi.

Usai mensterilkan situasi pasca pembubaran massa, Kapolres kemudian bergegas ke makam Panglima TPN-OPM Kelly Kwalik. Dan meminta agar tidak ada warna "Merah-Putih-Biru" di Kabupaten Mimika.

Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto mengatakan pihaknya akan melakukan pembubaran massa yang berkumpul dibeberapa titik termasuk di makam petinggi OPM itu.

"Kita sifatnya patroli. Jika ada massa yang berkumpul di sana, kita mengimbau agar pulang ke rumah masing-masing. Kalaupun tetap ada yang bersikeras, aktor di situ kita amankan," ujarnya saat ditemui wartawan di Bundaran Timika Indah, usai membubarkam massa.

AKBP Agung Marlianto mengatakan pihaknya telah mengetahui adanya rencana aksi kekacauan yang akan dilakukan massa itu sendiri. 

"Kita sudah tahu rencana-rencana dari aktor tersebut. Karena sudah didesain, sudah dikumpulkan massa dan akan membuat kekacauan. Oleh karenanya kita betul-betul kawal," imbuhnya.

Diketahui  Panglima TPN-OPM yang tewas ditembak itu tertembak pada 16 Desember 2009 dan dimakamkan di samping Lapangan Timika Indah pada 22 Desember 2009.

Sebagai penghormatan, para simpatisan warga Papua pun merawat makam tersebut. Baik membersihkan rumput tinggi maupun melakukan pengecatan Bintang Kejora. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

2 komentar:

  1. PAPUA TETAP MERDEKA
    PAPUA TETAP MERDEKA

    ReplyDelete
  2. Sekalipun Jend.Kelly kwalik dibunuh hingga makam pun diperlalukan seperti ini.
    namun perjuangan tidak berakhir sedemikian
    hidup Rakyat tertindas
    hanya ada kata lawan lawan dan lawan titik akhir Papua lepas dari negara kolonial Indonesia


    Free west Papua
    Harga Hidup Mati
    ~Never give up to Fight colony Indonesia

    ReplyDelete