Partai Nasdem Ajukan Pergantian Caleg Terpilih ke KPU Mimika, Yustina Timang Diganti Aser Gobai

Bagikan Bagikan
Ketua DPD Partai Nasdem, Aser Gobai, sekaligus caleg dari Dapil 2 nomor urut 01. (Foto: SAPA/Saldi)

SAPA (TIMIKA) - Dengan alasan tidak memiliki bukti dokumen yang cukup, Dewan Kehormatan Partai Nasdem melalui hasil sidang Mahkamah Partai Nasdem akhirnya memutuskan mengganti calon legislatif (Caleg) terpilih dari dapil 2 nomor urut 05, Yustina Timang digantikan dengan nomor urut 01, Aser Gobai.

Hal ini disampaikan Aser Gobai yang juga sebagai Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Mimika usai bersama pengurus DPD Partai Nasdem menyerahkan hasil keputusan Mahkamah Partai Nasdem ke KPU Mimika, Rabu (11/9).

Menurut Aser, untuk di Kabupaten Mimika terdapat tiga sengketa yang didaftarkan ke Dewan Kehormatan Partai Nasdem, yakni sengketa untuk dapil 1, dapil 2 dan dapil 4. Namun, hanya dapil 2 yang diputuskan oleh Mahkamah Partai lantaran bukti-bukti yang diajukan pelapor dianggap memiliki bukti data dokumen yang lengkap, sedangkan terlapor tidak memiliki bukti kelengkapan data dokumen C1, DAA1 dan DA1.

"Dewan Kehormatan telah memutuskan bahwa, dapil 2 berdasarkan pemeriksaan dokumen C1, DAA1 dan DA1 terbukti bahwa tidak cocok caleg terpilih yang telah ditetapkan KPU. Untuk itu partai sudah melakukan langkah-langkah sesuai dengan PKPU nomor 5 tahun 2019, sehingga hari ini hasil keputusan itu setelah diajukan oleh DPD melalui keputusan hasil rapat pleno pengurus partai Nasdem Kabupaten Mimika," terang Aser Gobai yang diwawancara awak media di Kantor KPU Mimika.

"Jadi, hasil keputusan itu telah kami sampaikan ke komisioner KPU Kabupaten Mimika untuk selanjutnya agar mereka mengakomodir keputusan partai yang telah disampaikan," katanya.

Diketahui sebelumnya, KPU Mimika telah menetapkan perolehan suara saudari Yustina Timang sebanyak 3.385 suara, bahkan urutan kedua tertinggi dari perolehan suara tertinggi pertama yang diperoleh Mariunus Tadiseno dari Partai Golkar, dapil 3, yang memperoleh 5.066 suara dalam pemilihan legislatif (Pileg) pada Pemilu Serentak 2019 di Kabupaten Mimika.

Dengan hasil perolehan suara itu, KPU menetapkan Yustina Timang berhak mendapatkan satu kursi di DPRD Kabupaten Mimika. (Saldi)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment