12 Pengungsi dari Wamena Dipulangkan ke Bone

Bagikan Bagikan
Pemulangan 12 pengungsi Wamena yang merupakan warga Bone ke kampung halamannya di Sulawesi Selatan. (Foto: SAPA/Saldi) 

SAPA (TIMIKA) - Sebanyak 12 warga pengungsi dari Wamena asal Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Jumat (4/10), dipulangkan pengurus Ikatan Kerukunan Keluarga Bone (IKKB) yang merupakan pilar dari Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) di Kabupaten Mimika. 

Sebelumnya, 12 pengungsi asal Bone tersebut mengungsi dari Wamena setelah terjadi kerusuhan di daerah itu. Merena dievakuasi ke Timika menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU beberapa hari lalu. 

Setiba di Timika, mereka kemudian dijemput oleh pengurus IKKB untuk ditangani selama berada di Mimika, hingga akhirnya difasilitasi pulang ke kampung halaman menggunakan pesawat penerbangan komersial.

Ketua pilar IKKB Kabupaten Mimika, Aman Lanto saat diwawancara awak media di Bandara Mozes Kilangin Timika mengatakan, 12 pengungsi dari Wamena tersebut telah diantar warga Bone Mimika untuk berangkat pulang ke Sulawesi Selatan. 

"Hampir seluruh keluarga Bone di Timika telah mengantar saudara kita yang dari Wamena," katanya. 

Selanjutnya, setelah tiba di Makassar, rencananya mereka akan dijemput langsung oleh Kepala Dinas Sosial setempat untuk selanjutnya diantar ke kampung halamannya masing-masing di Kabupaten Bone. 

"Kemudian di Makassar langsung dijemput oleh Kepala dinas mengantar ke kampung halaman masing-masing. Mudah-mudahan 12 pengungsi itu bisa tiba dengan selamat," kata Aman Lanto. 

Tidak hanya itu, Aman Lanto juga mengatakan, pihaknya siap menampung dan memfasilitasi jika masih ada warga Bone yang mengungsi dari Wamena ke Timika selama situasi di Kabupaten Jayawijaya belum kondusif. (Saldi)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment