Antisipasi Bencana, Vokasi UI Ingatkan Pentingnya Kelola Arsip Vital

Bagikan Bagikan
Pelatihan pengelolaan arsip vital yang diselenggarakan oleh Program Studi (Prodi) Manajemen Rekod dan Arsip (MRA) Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI). (Foto-Antara)

SAPA (DEPOK) - Program Studi (Prodi) Manajemen Rekod dan Arsip (MRA) Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) mengingatkan pentingnya mengelola arsip vital dengan menggagas Pelatihan Pengelolaan Arsip Vital untuk perwakilan dari SMA/SMK di sekitar kampus Universitas Indonesia (UI) Depok sebagai langkah antisipasi bencana.

"Upaya pelatihan mengelola arsip vital ini merupakan langkah preventif dalam menghadapi bencana yang dapat datang tiba-tiba," kata staf pengajar Prodi MRA UI, Dyah Safitri di Kampus UI Depok, Jabar, Kamis.

Ia menjelaskan bahwa arsip vital adalah arsip yang keberadaannya merupakan persyaratan dasar bagi kelangsungan operasional pencipta arsip, tidak dapat diperbarui, dan tidak tergantikan apabila rusak atau hilang.

Disampaikannya bahwa pelatihan itu sudah dilaksanakan pada 24 September 2019 di kampus Vokasi UI yang diikuti oleh 42 orang guru dan tata usaha dari 21 SMA/SMK se-Depok.

Menurut dia apabila arsip vital hilang atau rusak maka sebuah organisasi berada dalam risiko tinggi ataupun menjadi tidak berfungsi.

Ia mengatakan SMA sebagai organisasi pendidikan juga bergantung pada arsip vital. Salah satunya adalah data rapor siswa yang saat ini menjadi dasar untuk masuk ke perguruan tinggi dari jalur undangan.(Antara)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment