Berkas Tiga Tersangka Shabu Tahap Satu Dikirim ke Kejari Timika

Bagikan Bagikan
Kasatres Narkoba Polres Mimika Iptu L Kordiali (Foto: SAPA/Salma)
 
SAPA (TIMIKA) - Penyidik Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polres Mimika telah mengirim tiga berkas tersangka kasus narkoba jenis shabu yakni FD, M dan E pada Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (kejari) Kota Timika.

“Untuk kasus narkotika yang ditangani saat ini, semua masuk tahap satu termasuk tiga orang itu (FD, M dan E) dan satu yang di lapas, kita kirim berkasnya ke jaksa karena turut berhubungan dengan FD,” kata Kasatres Narkoba Polres Mimika Iptu L Kordiali saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (10/10).

Sebelumnya, Satres Narkoba Polres Mimika telah memusnahkan 16,69 gram barang bukti (BB) narkotika jenis shabu milik tiga tersangka tersebut yang diringkus dalam kurun waktu sehari pada Kamis (12/9) lalu.

Pemusnahan BB itu sendiri dipimpin langsung oleh Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto dihadapan BNNK Mimika dan Kejaksaan Negeri Timika di kantor pelayanan masyarakat Polres Mimika, Senin (30/9).

“Barang bukti yang dimusnahkan ini berasal dari para tersangka yakni MM, FD, ER. Dimana awal penangkapan dilakukan terhadap Er di Jalan Busiri Ujung, Gang Mawar. Dari tangan tersangka petugas mendapatkan shabu seberat 3,02 gram,” ujarnya dalam press release pemusnahan BB narkotika jenis shabu itu.

Dari penangkapan itu, kemudian dilakukan pengembangan dan diketahui bahwa Er mendapatkan shabu dari FD yang saat itu tengah hamil 8 bulan, di Jalan Delima, SP II.   Dimana dari tangan tersangka petugas mendapatkan shabu seberat 14,26 gram.

“FD sendiri memiliki suami yang saat ini menjadi warga binaan di Lapas Klas IIB Timika, berinisial MM alias Mus. Dan ini merupakan bukti adanya komunikasi intensif antara pengedar narkoba di Timika dengan penghuni Lapas,” jelasnya.

Akibat perbuatan tersebut, FD dijerat dengan pasal 112 ayat (2) dan pasal 114 ayat (2) UU Nomor 35 tahun 2009 tentang narkoba dengan ancaman pidana paling lama 20 tahun penjara. Sementara Er dijerat dengan pasal 114 ayat (1), pasal 112 ayat (1), pasal 127 ayat (1). (Salma)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment