Hasil Visitasi Venue PON, Tim Kemenko PMK Simpulkan Mimika Sudah

Bagikan Bagikan
Kepala Bidang Pemberdayaan Olahraga pada Kemenko PMK, Suwito. (Foto: SAPA/Saldi)
SAPA (TIMIKA) – Tim dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) melakukan visitasi ke Kabupaten Mimika selama dua hari. Salah satunya mengunjungi venues cabang olahraga (Cabor) yang ada di Mimika. Dari hasil visitasi itu disimpulkan bahwa Mimika sebagai cluster PON XX tahun 2020 Papua sudah siap.

Di Mimika sendiri rencananya akan mempertandingkan sembilan cabor dari total 37 cabor pada PON XX/2020 Papua, yakni aero sport, atletik, bola basket, biliar, panjat tebing, futsal, bola tangan, judo dan tarung derajat.

Kepala Bidang Pemberdayaan Olahraga pada Kemenko PMK, Suwito mengatakan dari visitasi yang dilakukan, untuk cabor aero sport nantinya akan menggunakan area atau lapangan Lanud Yohanis Kapiyau Timika. Sedangkan untuk atletik dan bola basket menggunakan venue Mimika Sport Complex (MSC). Untuk biliar, lokasinya berada disekitaran MSC dan sementara masih dalam proses lelang pembangunan GOR biliar oleh pihak Bappeda.

“Ini yang sedang proses bangun. Info dari Bappeda kemarin sudah lelang. Jadi lahannya sudah ada, tinggal lelang untuk pembangunan,” kata Suwito di Kantor KONI Mimika, Jumat (11/10).

Sedangkan untuk panjat tebing, berlokasi disekitar area MSC, tidak jauh dengan lokasi pembangunan GOR biliar. Untuk pembangunannya sementara juga masih dalam proses.

“Jadi yang belum itu panjat tebing sama biliar saja. Saya kira itu yang kita butuh tenaga ekstra untuk persiapannya,” ujarnya.

Untuk futsal dan bola tangan, saat ini pembangunan GOR-nya sudah mencapai 80 persen. Sementara judo dan tarung derajat akan menggunakan gedung Eme Neme Yauware, yang mana dilihat sudah bagus, hanya saja masih memerlukan penambahan tribun untuk penonton.

“Ini saya pikir secara umum sudah siap, cuma ada beberapa lagi yang perlu ditambah. Kalau (pembangunan venue) di Mimika (venue) ini kebanyakan semua dari APBD, sebagian ada dari CSR, terus ada dari provinsi. Kalau yang dari pusat wisma atlet,” kata Suwito. (Saldi)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment