Pelaksanaan PIN Polio di Mimika Capai 97,8 Persen

Bagikan Bagikan
Ikustrasi pemberian polio

SAPA (TIMIKA) - Kepala Seksi (Kasi) Imunisasi Dinkes Mimika, Usman La Alimuda mengatakan bahwa hingga saat ini pelaksanaan Pekan Imunusasi Nasional (PIN) polio baru mencapai 97,8 persen.

Dijelaskan, PIN polio belum mencapai 100 persen karena adanya kendala akses dan situasi keamanan untuk di wilayah pegunungan. Selain itu, ada juga beberapa Puskesmas wilayah pesisir yang belum mencapai 95 persen. Contohnya di Distrik Amar baru mencapai kurang lebih 86 persen.

"Yang jelas sampai saat ini belum ada batasan waktu dari Kemenkes untuk pelaksanaan PIN polio. Apalagi cakupan kita di Papua baru mencapai kurang lebih 90 persen lebih. Kalau kita di Mimika sudah mencapai 97,8 persen," kata Usman saat dihubungi via telepon, Rabu (2/10).

Alasan keterlambatan pencapaian di beberapa Puskesmas pesisir dikarenakan banyak anak yang dibawah orang tuanya ke kota Timika, akan tetapi setelah dicek keberadaanya ternyata hingga kini belum sampai di kota. Kemungkinan mereka masih berada di pesisir pantai untuk mencari nafkah.

"Kami sudah cek ke Mapurjaya dan ternyata mereka belum sampai. Mereka ke luar dari kampung itu sudah berbulan bulan. Hal itu yang menjadi kendala," jelasnya. 

Sedangkan khusus untuk sekolah-sekolah dalam wilayah Kota Timika dan sekitarnya telah dilaksanakan secara keseluruhan. Dengan demikian, sambil menunggu instruksi batas pelaksanaan, maka PIN polio ini tetap dilakukan.

Lebih lanjut ia mengingatkan bahwa stok vaksin masih ada. Diharapkan seluruh masyarakat Mimika harus sadar akan adanya perlindungan polio bagi anak-anak. Sebab, saat ini telah ada korban polio yang terjadi di negara Filipina.

"Kami selalu ingatkan ke setiap Puskesmas supaya imunisasi polio ini dilakukan secara ulang-ulang biar tidak ada anak-anak yang terlewatkan," katanya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment