Pemkot Jayapura-Warga Salurkan Bantuan Untuk Pengungsi Wamena

Bagikan Bagikan
Suasana pengungsi asal Wamena, Kabupaten Jayawijaya yang ditampung sementara di Tongkonan, Kotaraja, Abepura, Kota Jayapura. (Foto-Antara)

SAPA (JAYAPURA) - Pemerintah Kota Jayapura bersama warga setempat menyalurkan bantuan, berupa pakaian layak pakai, makanan dan tenda kepada pengungsi asal Wamena, Kabupaten Jayawijaya yang ditampung sementara di Tongkonan, Kotaraja, Abepura, Kota Jayapura sejak Jumat (29/9).

"Puji Tuhan terkait bahan makanan dan minuman luar biasa, bantuan dari pemerintah maupun dari warga yang masuk ke sini, banyak simpatisan yang membantu dengan melihat kondisi pengungsi di sini," kata Sekretaris Umum Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Provinsi Papua Yulius Palulungan di Jayapura, Rabu.

Tidak hanya bantuan makanan, kata dia, Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano juga membantu tenda dan membuka posko kesehatan bagi pengungsi korban demo anarkis Wamena yang ditampung di Tongkonan, Kotaraja, Abepura, Kota Jayapura.

Bantuan lainnya, lanjut dia, berupa pakaian layak pakai dan peralatan tidur, seperti tikar dan selimut dibantu oleh warga Jayapura.

"Kalau air bersih yang biasa kami tanggulangi, biasanya kami pesan air bersih lalu kami bayar guna dipakai untuk pengungsi," ujarnya.

Baca juga: PMI kerahkan relawan bantu pengungsi korban kerusuhan Wamena

Ia mengatakan hingga kini pengungsi korban demo anarkis Wamena yang ditampung di Tongkonan, Kotaraja itu dari Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan.

Akan tetapi, katanya, tidak menutup kemungkinan pihaknya membuka peluang bagi penungsi dari daerah lain bisa ditampung di Tongkonan.

"Kalau ada pengungsi korban demo Wamena yang dari daerah lain ingin ke Tongkonan, silakan saja datang untuk ditampung sementara di sini," ujarnya.

Lebih dari 300 pengungsi asal Wamena, Kabupaten Jayawijaya ditampung di Tongkonan, Kotaraja, Abepura, Kota Jayapura sejak Jumat (29/9) lalu, menyusul demonstrasi anarkis yang berujung kerusuhan di Wamena pada Senin (23/9).

"Dari data yang kami data jumlahnya ratusan, walaupun sebagian pengungsi dipanggil oleh keluarganya, hingga kini pengungsi yang kami data sudah sekitar 900 pengungsi," kata Yulius Palulungan.

Sebagian di antara 900 pengungsi yang didata itu, katanya, dijemput keluarganya. Hingga kini, pengungsi yang masih ditampung di Tongkonan, Kotaraja, Abepura, Kota Jayapura sekitar 300 orang.(Antara)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment