Pertamina dan Pemkot Jayapura Resmikan PAUD Ceria

Bagikan Bagikan
Sekolah PAUD Ceria hasil program Rumah Pintar dari dana CSR Pertamina yang diresmika operasionalnya oleh Pertamina dan Pemkot Jayapura. (Foto-Antara)

SAPA (JAYAPURA) -  Pertamina dan Pemkot Jayapura meresmikan tempat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Ceria sebagai lanjutan kelembagaan resmi dari Rumah Pintar Pertamina di  Kelurahan Imbi, Kota Jayapura, Papua.

Rumah Pintar Pertamina merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial dan lingkungan atau Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina (Persero) yang dilaksanakan di sekitar wilayah operasional Terminal BBM Jayapura yang fokus terhadap aspek pendidikan anak.

Pjs Unit Manager Communication, Relations, & CSR MOR VIII PT Pertamina (Persero), Bagja Mahendra, di Kota Jayapura, Selasa menyampaikan bahwa pembangunan dan peresmian PAUD Ceria merupakan bagian dari cara Pertamina lewat Program Rumah Pintar sebagai komitmen untuk peduli terhadap pendidikan masyarakat guna mewujudkan peningkatan kapasitas Rumah Pintar yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2018.

"Program CSR Rumah Pintar Pertamina merupakan program CSR bidang pendidikan atau yang disebut dengan Pertamina Cerdas yang merupakan bentuk nyata komitmen Pertamina untuk peduli terhadap peningkatan pendidikan masyarakat di sekitar wilayah operasi Pertamina,” kata Bagja.

Tujuan dari program Rumah Pintar Pertamina ini adalah untuk menjadi solusi terhadap masalah pendidikan di Kelurahan Imbi, yaitu masih tingginya angka anak putus sekolah, angka buta huruf masyarakat, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan anak untuk mendapatkan masa depan yang cerah.

"Sejak diluncurkan tahun lalu, Rumah Pintar Pertamina ini terus membuka kesempatan bagi anak-anak untuk belajar bersama dan di tahun ini dapat direalisasikan PAUD Ceria sebagai bentuk kelembagan resmi kelanjutan dari program ini. Kami sampaikan apresiasi dan penghargaan kepada pengelola Rumah Pintar dan juga Yayasan Filantra, serta Dinas Pendidikan Kota Jayapura yang telah mendukung pelaksanaan program selama setahun terakhir,” kata Bagja.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah Dinas Pendidikan Kota Jayapura, Cliford Korwa, menyampaikan apresiasi kepada Pertamina dan pengelola Rumah Pintar yang telah berkembang menjadi PAUD ini.

“Dari 32 hak anak menurut Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang perlu diperhatikan, antara lain yang dibuat oleh CSR Pertamina ini. Apa yang dilakukan Pertamina ini adalah suatu upaya untuk mencerdaskan anak-anak sejak usia dini,” ujar Cliford.

"Sejak dini kita berkomitmen memperhatikan anak-anak agar menjadi luar biasa. Saya memberikan apresiasi kepada orang tua yang sigap melihat pendidikan anak usia dini dan bisa menitipkan anak-anaknya di PAUD Ceria," tambahnya.

Sebagai lokomotif perekonomian bangsa, Pertamina tidak hanya menjadi perusahaan milik negara (BUMN) yang bergerak di bidang energi, namun juga ikut berkontribusi dalam memecahkan masalah pendidikan di Papua melalui program CSR.  Program tanggung jawab sosial Pertamina yang biasa masyarakat kenal dengan CSR ini terbagi ke dalam 4 pilar yakni: Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan, dan Pemberdayaan Masyarakat. (Antara)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment