Terapkan 8 Jam Kerja Per Hari, SMAN 2 Libur Hari Sabtu

Bagikan Bagikan
SMAN 2 Mimika. (Foto: SAPA/Kristin)
SAPA (TIMIKA) - SMA Negeri 2 Mimika sejak tahun 2018 telah menerapkan Peraturan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Peraturan Kemendeterian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Indonesia bahwa guru bekerja 8 jam kerja dalam sehari.

"Kami sudah terapkan, karena dalam aturan sudah jelas bahwa tugas ASN guru di sekolah jam wajibnya adalah 40 jam dalam seminggu sehingga kami sepakat hari Sabtu libur," jelas Kepala Sekolah SMAN 2 Mimika, Matheus Mamo kepada Salam Papua di ruang kerjanya, Jumat (12/10).

Matheus menjelaskan demi mendapatkan 40 jam tersebut pihaknya menggunakan waktu efektif kerja 8 jam perhari selama 5 hari saja. 

"Jadi, anak-anak masuk sekolah jam 7.15 dan pulang jam 15.00, waktu istirahat 30 menit dan hari Sabtu mereka libur," ujarnya.

Dikatakannya, penerapan 8 jam kerja sehari tidak jauh beda dengan 6 hari kerja. Yang membedakan hanya jam pulang sekolah.

"Kalau enam hari juga sama saja satu hari guru kerja 6 jam lebih sehingga pulang sekolahnya lebih cepat. Namun hari sabtu harus masuk untuk memenuhi aturan 8 jam tersebut," ungkapnya.

Selain itu, SMAN 2 juga sedang mewujudkan Program Sekolah Model SPMI yang merupakan sebuah program dalam membangun budaya mutu sekolah melalui implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). 

Program ini melibatkan beberapa sekolah yang ditetapkan sebagai Sekolah Model dan beberapa Sekolah Imbas.

"Untuk itu kami membuat komitmen bersama semua guru untuk bersepakat dan syukur semuanya semangat menjalankan aturan 8 jam perhari kerja," tuturnya.

Selama penerapan aturan tersebut, Matheus mengatakan para siswa tetap bersemangat untuk bersekolah seperti biasa.

"Para siswa kini sudah terbiasa dengan pulang jam 15.00, bahkan mereka bersemangat ikut semua kegiatan belajar mengajar, eskul dan seluruh kegiatan sekolah lainnya," katanya.

Untuk diketahui, SMAN 2 memiliki jumlah siswa 234 orang dengan 11 rombongan belajar serta jumlah guru secara keseluruhan 30 orang baik PNS, Honorer dan staf Tata Usaha. (Kristin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment