TNI AU Fasilitasi 28 Pengungsi Wamena Pulang ke Kampung Halaman

Bagikan Bagikan
Pengungsi Wamena yang akan dipulangkan ke kampung halaman menggunakan pesawat Hercules TNI AU. (Foto: SAPA-Saldi)


SAPA (TIMIKA) - Sebanyak 28 pengungsi dari Wamena, Kabupaten Jayawijaya yang sebelumnya mengungsi ke Timika, Kabupaten Mimika pulang ke kampung halaman dengan difasilitasi TNI AU menggunakan pesawat Hercules, Rabu (2/10).

Komandan Lanud Yohanis Kapiyau Timika, Letkol Pnb Sugeng Sugiharto mengatakan, rata-rata pengungsi dari Wamena telah diambil keluarga maupun paguyuban yang ada di Mimika untuk kemudian difasilitasi pulang ke kampung halaman menggunakan kapal atau penerbangan komersial maupun yang ingin menetap di Mimika. 

Namun, sebagian juga dari para pengungsi difasilitasi TNI AU menggunakan pesawat Hercules untuk pulang ke kampung halamannya. 

"Mereka kan ada yang difasilitasi penguyuban menggunakan kapal atau pesawat airlines. Namun kita juga bisa membantu, ada pesawat Hercules yang ke Jawa kemudian ke Makassar, kemudian kembali ke Jakarta sekalian untuk mengangkut mereka pengungsi yang belum mendapat transportasi ke kampung halaman," kata Danlanud.

"Kita membawa 28 orang pengungsi pulang ke Makassar maupun ke Jawa. Jumlahnya ada 28, 17 orang ke Jawa, 11 orang ke Makassar," imbuhnya. 

Pesawat Hercules yang memuat pengungsi Wamena dari Timika tersebut, direncanakan bermalam di Ambon. Selanjutnya keesokan pagi melanjutkan penerbangan menuju Makassar. Dari Makassar kemudian bertolak menuju Jakarta, namun terlebih dahulu singgah di Semarang, Jawa Tengah menurunkan 17 pengungsi. 

"Rencananya pesawat akan bermalam di Ambon. Setelah dari Ambon baru misinya ke Makassar baru Semarang, baru ke Jakarta," katanya. (Saldi)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment