Wabup Mimika Jhon Rettob : Orang Kamoro Harus Jadi Pengusaha Ikan

Bagikan Bagikan

.
Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob bersama rombongan meninjau lokasi pelabuhan perikanan Poumako
SAPA (TIMIKA) - Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob mengatakan pembangunan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) oleh Pemerintah Pusat melalui  Kementerian Kelautan dan Perikanan diharapkan  mendorong nelayan Kamoro yang dulunya masih tradisional dapat meningkat menjadi nelayan modern dan bisa bersaing dengan nelayan lainnya.

“Orang kamoro harus jadi pengusaha ikan, dan bersaing dengan nelayan ataupun pengusaha lainnya. Saya harap bisa muncul orang- orang kamoro yang bisa menjadi pengusaha sukses yang kemudian bisa ekspor hasil laut ke daerah- daerah lain,” kata Wabup Jhon, Kamis (10/10).

Dikatakan, pemerintah akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas nelayan agar penghasilan lebih baik
“Kita harapkan pembangunan sarana dan prasarana SKPT Mimika dikelola dengan baik untuk kesejahteraan nelayan pada khususnya dan masyarakat Mimika pada umumnya,” ungkap Wabup Jhon.

Wabup Jhon juga mengharapkan Bea dan Cukai bisa lebih mempermudah perizinan ekspor, sehingga kelak Mimika bisa menjadi pelabuhan ekspor. Ia juga menekankan kepada dinas PTSP lebih mempermudah dan mempercepat perizinan.

Wabup juga mengharapkan kepada para nelayan memanfaatkan dengan baik bantuan dari Dinas Perikanan, Pemerintah Kabupaten , Pemerintah Provinsi dan Pusat untuk meningkat penghasilan.

“Sebelumnya penghasilan nelayan sehari hanya berkisar Rp 300.000, dengan adanya SKPT ini diharapkan penghasilan nelayan dalam sehari mencapai Rp 2 juta,” katanya . (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment